Informasi Pendaftaran SMA Taruna Nusantara Magelang

Mendengar Nama TARUNA NUSANTARA, saya teringat waktu masa SMP dulu, senior membanggakan sekolah ini dan dengan bangganya mempromosikan dirinya masuk sekolah ini. Tak banyak yang saya ketahui tentang sekolah ini selain hubungannya dengan AKABRI, beasiswa dan ikatan dinas, walaupun belum tentu informasi tersebut benar. Dulu saya tidak tertarik dengan sekolah ini karena AKABRI nya (sekarang TNI).

Sekarang memori itu datang kembali berhubung ada sepupu istri saya yang ingin mendqftar masuk taruna nusantara. Melihat syaratnya, ternyata ada dua jalur lain selain jalur beasiswa. Yang membuat saya membatin adalah biayanya, biaya non beasiswa paling murah adalah 25 juta tambah sejuta untuk uang masuk plus uang SPP 3 juta perbulan. Dan yang paling mahal adalah untuk jalur lain ada yang minimal 50 juta untuk biaya lain-lainnya.

Biayanya gila!!! Mengalahkan uang spp saya dulu waktu kuliah yang (hanya) 400 ribu per 6 bulan (paling sekarang 1,5 juta per semester). Kalau dihitung-hitung pun mungkin setara dengan biaya gono-gini mendaftar masuk jadi polisi atau ilmu kedokteran. Mungkinkah karena ikatan dinas?

Selain biaya tinggi untuk non beasiswa, syaratnya pun lumayan sulit. Secara umum, untuk jalur beasiswa, nilai raport SMP minimal 8 untuk mata pelajaran IPA, matematika, bahasa inggris, dan bahasa indonesia untuk semester 1 sampai 5 saat SMP. sedangkan untuk jalur non beasiswa minimal 7. Dilihat dari syarat ini saja, dulu saya sepertinya tidak dapat masuk sekolah ini lewat jalur beasiswa.

Tertarik masuk? Untuk informasi pendaftaran selengkapnya dapat menghubungi ajendam, ajenrem, atau kodam di kota anda.

Informasi tentang SMA TARUNA NUSANTARA
Didirikan : 14 Juli 1990
Status : Swasta
Alamat : lokasi Jalan Raya Purworejo-Magelang Km 5, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah , Telp./ Faks. (0293) 364195 – (0293) 364047
Koordinat : -7 .516245, 110.19797

Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah , Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai- nilai kebangsaan dan kedisiplinan semi militer, di samping berbagai prestasi akademik dan kepemimpinan. Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau). Kata Taruna sendiri biasa dipakai untuk menyebut siswa AKABRI . SMA Taruna Nusantara menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial.

Sejarah
Ide pembuatan sekolah ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Dia mempunyai visi untuk membangun sekolah yang mendidik manusia – manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator. Ide ini diteruskan dengan menandatangani MoU antara TNI dan Taman Siswa,
yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) . Lembaga ini merupakan kristalisasi dari visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya akan mengawasi proses
pelaksanaan sekolah ini. Sekolah ini diresmikan oleh Pangab saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990 . Kampus yang menempati lahan seluas 18.5 hektare dan terdiri dari komplek akademis, asrama siswa dan komplek perumahan pamong (guru) ini merupakan sumbangan dari Akademi Militer yang berlokasi tidak jauh dari tempat itu. Selama 6 tahun pertama, Taruna Nusantara hanya menerima laki- laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang. Namun mulai tahun 1996 ,LPTTN membuat kebijaksanaan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah inipun diperluas menjadi 23 hektare.

Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari TNI yang mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para tenaga pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata serta fasillitas lainnya. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik di tahun 1997 , LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh ini. Sekarang, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individual, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Walaupun sekolah ini sering disebut sebagai sekolah semi-militer, kurikulum yang digunakan tidak 100% dari militer. SMA TN memakai sistem kurikulum yang dibuat oleh Depdiknas sehingga bisa dibilang SMA TN sama dengan SMA lainnya. Tetapi, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok seperti kesatuan dari seluruh elemen pendidikan dan sistem yang khas yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari serta kegiatan sekolah pada umumnya. Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, lulusan sekolah ini tidak punya kewajiban untuk memilih militer sebagai kelanjutan pendidikannya. Bahkan, sebagian besar lulusan SMA TN melanjutkan pendidikannya di sekolah non-militer , walaupun bisa dikatakan kalau yang memilih militer sebagai kelanjutan studinya jauh lebih besar dari SMA lain pada umumnya.

INFORMASI PENDAFTARAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012 (tahun lalu, paling tahun ini hampir sama)

1. PERSYARATAN UMUM.

a. Warga Negara Indonesia (WNI) laki- laki dan perempuan.
b. Usia maksimal 17 tahun pada bulan Juli 2012.
c. Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan Dokter).
d. Tinggi dan berat badan seimbang.
e. Berkelakuan baik (Keterangan Kepala Sekolah).
f. Siswa kelas III SMP/setingkat TP. 2011/2012 atau lulusan TP. 2010/2011.
Nilai raport semester I s.d V minimal 7 untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika.
g. Bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan.
h. Persetujuan orang tua/wali.

2. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN .
a. Waktu : 12 januari sampai 31 maret 2011.
b. Tempat : Ajen Kodam atau Ajen Korem dan Kodim.

3. CARA PENDAFTARAN .

a. Kategori Iuran Sekolah. Mengisi formulir pendaftaran dan sanggup membayar biaya pendidikan sebagai berikut :
1) Uang pangkal Rp. 24. 000.000 ,- dan uang komite sekolah Rp. 1.000 .000, – dibayar sekaligus.
2) Iuran sekolah Rp 3.000 .000 ,-/bulan , dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan
berjalan.
3) Sumbangan sukarela.

b. Kategori Kontribusi Khusus. Mengisi formulir pendaftaran & formulir pernyataan serta sanggup membayar biaya pendidikan sebagai berikut :
1) Uang Pangkal Rp. 24. 000.000 ,- . dan uang komite sekolah Rp. 1.000 .000 ,- dibayar sekaligus.
2) Iuran Sekolah Rp 3. 000.000 ,- /bulan, dibayar paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berjalan.
3) Kontribusi Khusus minimal Rp.50 .000. 000,- .

c. Kategori Beasiswa. Mengisi formulir pendaftaran, formulir permohonan beasiswa dan formulir surat keterangan. Bagi Casis yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa, dibebaskan dari keharusan membayar uang pangkal dan iuran sekolah.

d. Menyerahkan formulir pendaftaran beserta lampirannya masing-masing rangkap 3.
Lampiran formulir sebagai berikut :
1) Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah.
2) Surat Keterangan Sehat dari Dokter Instansi Pemerintah/ Militer.
3) Fotokopi Kartu Tanda Pelajar.
4) Fotokopi Akte Kelahiran.
5) Fotokopi nilai raport SMP/setingkat semester I s.d V.
6) Pasfoto Ukuran 3× 4 (3 Lembar).
7) Khusus untuk pendaftar jalur Beasiswa :
(a) Menyerahkan daftar penghasilan ortu/wali, disahkan oleh instansi tempat bekerja atau
Kepala Desa/Lurah (bagi pedagang/buruh/ tani/nelayan).
(b) Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga & KTP ortu/wali.

4. SELEKSI .
Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap :
a. Seleksi Awal.
1) Seleksi Administrasi. Meneliti data Casis yang tertulis pada formulir pendaftaran dihadapkan pada substansi persyaratan penerimaan (dilaksanakan di daerah/ Ajen maupun Pusat/ LPTTN).
2) Seleksi Akademik. Dengan materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika, dilaksanakan bulan April 2012 di Ajendam/Ajenrem.
b. Seleksi Lanjutan.
1) Casis yang dinyatakan lulus Seleksi Akademik akan dipanggil untuk Pemeriksaan Psikologi
dan Kesehatan di daerah yang ditunjuk.
2) Casis yang dinyatakan lulus Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan dipanggil ke SMA Taruna Nusantara Magelang untuk Wawancara.

5. BIAYA.
a. Biaya administrasi Rp. 100.000 ,- dibayarkan pada waktu mengambil formulir pendaftaran.
b. Biaya Pemeriksaan Psikologi dan Kesehatan ditentukan di masing-masing tempat pendaftaran dan dibayarkan setelah lolos Seleksi Akademik.
c. Transportasi dan akomodasi selama seleksi ditanggung Casis.
d. Seleksi Wawancara di Magelang tidak dikenakan biaya.
e. Uang Pangkal, Kontribusi Khusus dan Iuran Sekolah bulan Juli 2011 dibayarkan setelah
mendapat panggilan Wawancara di SMA Taruna Nusantara Magelang.

6. BEASISWA.
Pada penerimaan siswa SMA Taruna Nusantara TP. 2011/2012 , LPTTN menyediakan beasiswa
secara terbatas bagi Casis yang berprestasi dari keluarga kurang mampu dan Casis yang berprestasi bidang akademik tingkat Nasional/ Internasional.
Persyaratan Beasiswa sebagai berikut :
a. Nilai raport SMP/setingkat semester I s.d . V minimal rata-rata 8 (delapan) untuk mata
pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA dan masing-masing
pelajaran memenuhi nilai minimal 7, 5 (tujuh koma lima).
b. Casis potensial dan berprestasi namun nilai rata-rata kurang dari 8 (delapan) diberikan
kesempatan untuk mendaftar beasiswa dengan rekomendasi dari Kepala Sekolah.
c. Tidak pernah tinggal kelas selama mengikuti pendidikan SMP/setingkat dan lulus TP. 2011/2012.
d. Mengikuti prosedur pendaftaran dan seleksi yang telah ditetapkan.
e. Dinyatakan dapat memperoleh Beasiswa oleh Panitia Pusat (Panpus) Penerimaan Siswa SMA Taruna Nusantara.
7. Bagi Casis yang dinyatakan diterima sebagai Siswa SMA Taruna Nusantara melalui Surat Keputusan Ketua Panpus langsung masuk pendidikan.

Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara – Jl. Kwitang Raya No. 21 Jakarta Pusat  10420 Telp : 021- 31903410 Fax : 021- 31906707

SMA Taruna Nusantara – Jl. Raya Purworejo Km 5, Magelang 56172.
Telp : 0293- 364195, Fax : 0293- 364047
Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di masing-masing tempat pendaftaran
Situs resmi: taruna-nusantara-mgl.sch.id

Untuk wilayah Makassar, AJENDAM VII/WIRABUANA JL. Urip Sumoharjo km 7 MAKASSAR 0411.5056298

Sumber: wikipedia

This entry was published on 04/01/2012 at 4:52 am. It’s filed under Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

39 thoughts on “Informasi Pendaftaran SMA Taruna Nusantara Magelang

  1. Puji Astutik on said:

    Maaf kenapa tdk di jwb pertanyaan kami.

    • Maaf.. beberapa pertanyaan jawabannya sdh ada di postingan atau pada komentar sebelumnya.. atau saya tdk tahu jawabannya atau saya tdk berwenang menjawabnya, silahkan ke situs resmi sma taruna nusantara..

  2. bpak / kka iuran itu mamang segitu ?

  3. bambang firdawan on said:

    kka, biaya pendidikan buat non beasiswa segitu ?
    Kalo yang kurang mampu gimana ka ?

  4. A.A. Permata T. on said:

    informasi dan persyaratan casis th.ajaran 2014/2015 apakah sama dngan yang tahun2 sebelumnya ? mohon dijawab. trmakasih.

  5. Puji Astutik on said:

    Anak sy pingin skali msk SMA TARUNA di magelang. Tp setelah sy tau kalau uang pangkalnya 24 jt dn uang Spp 3 jt per bln. Kecil harapan sy. Krn gaji kopral tdk memadai untuk bpr spp tips bln.

  6. yulistio on said:

    kalau pake kaca mata bisa masuk ga?
    minimal tinggi brapa?

  7. honey on said:

    klo penghasilan ortu brutonya diatas 3jt tp punya tanggungan 4 orang…tetap tdk bisa melalui jalur beasiswa y pak./..

  8. wisnu on said:

    kalau bahasa inggris ada yang 79 nilainya bisa masuk sma taruna nusantara apa ndak???

  9. Destya Rahmawati on said:

    Kalau sekolah disana ap tidak boleh bawa hp?,dan berapa lama sekali pulangnya ke keluarga?
    Kalau mempunyai piagam kejuaraan karate tingkat kabupaten peringkat 1 apa membantu?.TERIMA KASIH atas jawabannya!!!!

  10. sisisisip baunget cuy

  11. Ehmm salam Bapa, mau nanya, klo untuk pendaftaran tahun ini masih sama kah kya yang di atas? Dan untuk kategori beasiswa’y apa itu akan full sluruh biaya dan apapun smpai 3thun,,? Tolong di jawab terimakasih ..

    • silahkan hubungi pihak sekolah, maaf sy tak dpt menjawab.. Dari penjelasan singkat di atas sepertinya beasiswa full pendidikan, krn diasramakan..

  12. Zulfiatun Khasanah on said:

    Kalo mata minus boleh masuk SMA TN ngga’ ?

  13. bratnya sama tingginya minimal brpa pak?

  14. biaya sekolah ditaruna berapa ya? apakah sekelas RSBI gtu? http://absensiyogyakarta.blogspot.com/

  15. ratna aditya on said:

    kalau tinggi badannya tidak memenuhi syarat gimana ?

  16. ramadhika on said:

    apakah uang kontribusinya bisa di angsur ., ?

    • maaf sy tak tahu pasti, tapi sepertinya uang kontribusi khusus minimal 50 juta harus dibayar sekaligus.. Coba kontak langsung pihak sekolah, terima kasih

  17. firman on said:

    pak k mau tanyaaaa kalau srat rkomendasu daru skolah gk bawa gk papa ta

  18. adam sananda on said:

    Mf kl d sma taruna bisa pake kaca mata? batas minus maximal brp mksh.

  19. iman bakti on said:

    sekolah nya bagus, tp tdk sesuai dgn kondisi bangsa indonesia yg masyarakatnya masih banyak yg miskin dan terbelakang. ini terlalu mahal. dan biasiswanya terbatas . bagaimana mau maju bangsa ini. kalau sekolah yg terbaik hanya segelintir orang yg bs mengikuti.

  20. firlisha on said:

    Apakahy boleh bagi CaSis putri yang memakai kerudung atau jilbab..?

  21. Mesak. Indera on said:

    Sekolah ini memang kebanggaan kami sebagai orang Tua, apalagi di daerah seperti di Papua, namun harganya iuran perbulan tak terjangkau bagi kami sangat mahal, saya hanya usul gimana kalau khusus utk kami dari daerah Papua di berikan keringanan utk iuran perbulan saja seperti sebulan Rp 1000,000.00 (satu juta) apa bisa Bapak berikan buat kami..
    Terima kasih

  22. koncer wtt on said:

    informasi pendaftaran casis 2012

  23. koncer wtt on said:

    info pendaftaran casis 2012

  24. evelyn on said:

    bagus ini :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: