Preman

image

image

Preman, sering saya pelesetkan menjadi freeman (laki-laki bebas) atau sekalian saya panjangkan, prei makan (tidak makan untuk sementara waktu). Namun ternyata kata “preman” menurut wikipedia berasal dari kata bahasa Belanda vrijman = orang bebas, merdeka (sama saja dengan freeman, bukan?). Premanisme adalah
sebutan pejoratif yang sering digunakan untuk merujuk
kepada kegiatan sekelompok orang yang mendapatkan
penghasilannya terutama dari pemerasan kelompok
masyarakat lain.

Fenomena preman di Indonesia saya pikir sudah ada sejak lama, dan pemberitaannya makin berkembang pada saat ekonomi semakin sulit dan angka pengangguran semakin tinggi. Akibatnya kelompok masyarakat usia kerja mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan, biasanya melalui pemerasan dalam bentuk penyediaan jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Preman sangat identik dengan dunia kriminal dan kekerasan karena memang kegiatan preman tidak lepas dari kedua hal tersebut.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, preman adalah

1. pre·man /préman/ n 1 partikelir; swasta; 2 bukan tentara; sipil (tt orang, pakaian, dsb); 3 kepunyaan sendiri (tt kendaraan dsb); orang — , orang sipil, bukan militer; mobil — , mobil pribadi (bukan mobil dinas); pakaian — , bukan pakaian seragam militer

2. pre·man /préman/ n cak sebutan kpd orang jahat (penodong, perampok, pemeras, dsb): — Medan sangat terkenal.

Aksi premanisme umumnya berlatar belakang jasa dept collector (penagih hutang) dan pembebasan lahan sengketa. Banyak kelompok pemuda terutama yang berasal dari kawasan timur Indonesia telah mengontrol dan menduduki suatu kawasan tertentu di Jakarta dan menjadi preman.

John Key.
John Key (atau Jhon Kei) adalah pimpinan kelompok pemuda Ambon asal Pulau Kei, Maluku Tenggara. Terbentuk pasca-kerusuhan di Tual, Pulau Kei, pada Mei 2000, dengan nama resmi Angkatan Muda Kei (Amkei). Jhon Kei, pentolan Amkei, mengklaim punya anggota sampai 12.000 orang. John Key terkenal karena kelompoknya membunuh Basri Sangaji (pentolan preman kelompok Basri Sangaji, asal Maluku) beberapa tahun lalu. Pernah juga diberitakan JK pernah memotong jari keponakannya karena masalah keluarga, ngerinyami! Sekarang, John Key kembali jadi pusat berita karena kasus pembunuhan berencana di sebuah hotel di Jakarta. Kakinya ditembak dan sementara menjalani proses hukum.

Hercules
Hercules (atau Herkules) adalah. penguasa tanahabang yang sudah sangat tersohor seja k era 80-an. Dulu, Hercules saya sangka kelompok orang. Ternyata nama orang (pemimpinnya). Pernah di tv ditampilkan kelompok ini bentrok, dengan parang panjang terhunus berkeliaran di tengah jalan. Ngerinyami! Preman asal Timor Leste ini sekarang tobat, mempunyai perusahaan yang bergerak di bidang kebersihan dan KEAMANAN perumahan. Pernah tampil juga di Kick Andy, yang menandakan hercules mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Selain nama-nama tokoh dan kelompok terkenal yang sudah sering kita dengar di media massa, masih ada lagi kelompok-kelompok lain yang menguasai berbagai kawasan di Jakarta. Di Jakarta Timur, kawasan Kebon Singkong, Klender, diketahui menjadi “basis” preman. Dari “pemain” 365 (perampokan) hingga pencuri kendaraan bermotor berkumpul di situ.

Di kawasan perparkiran Arion Rawamangun ada nama “Azis”, sedangkan di Jl. Matraman- Pramuka ada nama “Edison”. Di Jakarta Pusat, nama “Hasan Suwing” masih disegani di kawasan Lokasari, Manggabesar dan sekitarnya. Kemudian mantan pembunuh bayaran yang sudah tobat, Arek Foto, juga masih punya nama di Tanah Tinggi. Atau “Yanto”, yang memegang perparkiran di depan Gelanggang “Planet” Senen.

Pencopet-pencopet Senen diisukan dipimpin “Ical alias Eddy”. Dan salah satu penyebab, mengapa mereka berani langsung mencopet penumpang KA di Stasiun Senen, konon karena ada beking oknum di kawasan itu. Lalu di Jl Biak-Roxy, masih ada nama “Amsir Budeg” dan “Tatang Cs” di Jl Juanda.

Di Jakarta Barat, nama “Margono” sudah cukup kuat di kawasan Cengkareng. Pemerasan pengemudi angkot setiap hari diduga dikoordinir olehnya, dan sempat terjadi tawuran massal dengan kelompok Palembang di kawasan itu. Di Jakarta Selatan, masih ada nama preman yang “sudah sadar”, yakni “Seger” yang memegang perparkiran di kawasan Blok M. Dia terkenal dalam kasus pemberontakan LP Cipinang tahun 1981, di mana dia diduga menghabisi anak buah Jhoni Sembiring (almarhum). Rekan seangkatan “Seger” adalah “Freddy Galur” serta “Plolong” (almarhum). Di Jakarta Utara, nama “Kadim” masih disegani di kawasan pelabuhan. Di sekitar kawasan WTS Kramat Tunggak, tepatnya di Jl Kramat Jaya VI ada “dedengkot” bernama Zazuli. Mantan terhukum seumur hidup ini, dianggap penguasa kawasan Gudang Baru, Bulog dan lain-lain.

Lalu di Pademangan Barat, ada nama “Rudy Ambon” yang biasa mangkal di bioskop King. Di kawasan WTS Kalijodo, nama “Daeng Usman, Daeng Patah dan Daeng Hamid” masih disegani di daerah itu. Kemudian, nama “Royal” di Gedung Panjang, Kota. Di Pasar Ikan sudah lama ada nama “Janaan dan Suganda” (satu lagi: Janaka sudah almarhum). Selain menguasai kuli-kuli di pelabuhan itu, juga diduga sebagai bos “bajing luncat” di kawasan pelabuhan hingga Jawa Barat. “Markas” mereka konon di belakang pabrik Bimoli, Pluit.

Hingga sekarang, preman-preman tersebut makin tumbuh subur dan memiliki banyak “kader”. Sebagian sudah tobat ataupun pensiun dini. Nama-nama besar mereka saja yang “dijual” oleh penerus mereka.

Saya sangat yakin, fenomena preman tidak hanya di Jakarta, namun di seluruh kota di Indonesia. Coba tunjukkan pada saya daerah mana di Indonesia yang tidak ada premannya? Seperti juga pengalaman saya di Makassar, kemarin. Tepatnya di pasar sentral makassar. Secara terang-terangan preman ini memungut “pajak” dari para penjual. Saya hanya foto bagian bawahnya, saya takut dipajak juga. Hehehe.

Sumber: wikipedia, kkbi, terakreditasi

This entry was published on 20/02/2012 at 7:25 am. It’s filed under foto, hidup, humanity, publik and tagged , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Preman

  1. ya, preman memang fenomena, setiap pasar atau kampung kita sering mendengar kata preman atau orang yang menguasai daerah tertentu. itu sudah rahasia umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: