Klaim Garansi Blackberry Ditolak

image

Cerita bermula 45 hari yang lalu. Saat itu, ponsel BB torch 1 papa rusak, keypadnya tidak konek dengan layar yang menandakan masalah ada pada fleksibel slidernya. Papa kemudian minta tolong pada saya BBnya diperbaiki, mumpung masih garansi katanya. BB bergaransi ACS (vendor garansi yang belum pernah saya dengar) selama 2 tahun.

Saya periksa handset dan kartu garansinya. BB papa tampak tidak terawat, goresan disana-sini. Untuk garansi, menurut saya ACS adalah perusahaan garansi yang tidak bonafid, beda dengan TAM (yang umum digunakan). Toko ACS nya ada di ITC Roxy Mas Jakarta, yang menurut saya kalau bonafid mestinya punya pusat gedung sendiri tanpa mendompleng di gedung keroyokan.

Saya coba saja siapa tahu bisa garansi. Jadilah saya dan istri ke toko tempat beli BB tersebut tanggal 1 Maret, di Karebosi Link, nama tokonya sebut saja Yugo Cell. Tokonya agak kecil, saya intip displaynya tak ada lagi handset bergaransi ACS, yang ada cuma WII. Setelah konsultasi, Tokonya berjanji mengirim BB ke tempat garansinya untuk di cek asal kami membawa dus dan kelengkapan lainnya seperti charger dan headset. Tapi biasanya perbaikannya (pun kalau memang garansi dan langsung diperbaiki) agak lama, umumnya 1 bulan 10 hari. Kami mengiyakan dengan catatan pihak toko segera konfirmasi apabila BB tidak dapat diklaim garansinya. Besoknya kami membawa BB dankelengkapannya.

Sepuluh hari kemudian tidak ada kabar, kami ke tokonya langsung menanyakan, kami hanya menanyakan kabar apakah BBnya bisa digaransi atau tidak, tidak lebih!. Pihak toko bilang barang sudah dikirim tapi belum ada kabar BB nya masuk garansi atau tidak. Bos toko hanya memberi kartu nama untuk minta di telepon saja bila kami butuh informasi.

20 hari kemudian, papa, sang pemilik ponsel sudah gelisah menanyakan kabar BBnya. Kami pun menelpon tokonya. Namun tak ada jawaban memuaskan, belum ada kabar dari Jakarta katanya. Sampai memakan waktu 20 hari mengecek doang BBnya bisa klaim garansi atau tidak? Sungguh lama itupun belum ada kabar, batin saya. Kami jadi berprasangka jangan sampai BBnya tidak dikirim oleh tokonya, tapi disimpan saja. Tapi kami masih sabar.

7 April kami menelpon lagi untuk menanyakan kabar. Tapi sungguh diluar dugaan, telepon pertama dan kedua kami tidak dijawab, telepon ke 3 dan ke 4 di reject. Kesabaran kami mulai habis, namun belum sempat ke tokonya lagsung, rumah kami agak jauh.

Tanggal 10 April, sisa dua hari dari satu bulan 10 hari dari janji perbaikan jika garansi tersebut, kami ke toko berniat mengambil BB jika memang tidak bisa di garansi. Tapi pihak toko bilang, BB nya masih di Jakarta, belum ada kabar bisa garansi atau tidak. Apa? Lebih sebulan tak ada info? Padahal kami cuma mau tanya kepastian BB nya bisa di garansi atau tidak, pun kalau tidak kami mau mengambil hapenya sekarang juga. Lagi-lagi kami masih diharuskan bersabar.

Hari ini, siang tadi baru ada kabar dari pihak toko kalau BBnya tidak bisa di klaim garansi. Sang Blackberry rusak karena kesalahan pemilik, katanya.  Toko hanya bisa membantu memperbaiki dengan biaya 350ribu (setelah didiskon). Setelah menelepon papa, sang empunya BB, beliau murka. Bukan soal uangnya, tapi kami merasa ditipu oleh pihak toko dan perusahaan garansi. Mengecek saja bisa garansi atau tidak sampai selama itu? Sungguh keterlaluan, saya saja kalau melihat BB sudah langsung dapat saya pastikan masuk garansi atau tidak dalam tempo kurang dari semenit, tanpa dibongkar! Saran saya pada end user, jangan beli gadget dengan garansi toko atau garansi ecek-ecek, abal-abal. Kalau ponsel anda rusak dan ingin diperbaiki dengan iming-iming garansi abal-abal, tidak usah, bawa pulang saja hapenya daripada rugi waktu dan tenaga, yakin tidak bakal digaransi kecuali body ponsel masih mulus mungkin, pun kalau garansi memakan waktu lama untuk perbaikannya, di cek saja lama begini apalagi kalau sampai diperbaiki.

Saya lihat kondisi BB, tak ada yang berubah dari kondisi BB sebelumnya, segel garansi dan toko masih menempel sangat sempurna, menandakan BB tersebut tidak dibongkar, tidak diperiksa!!! Kami kesal dan hanya bisa mbatin.

Saran saya ke pihak toko, jujurlah pada pelanggan soal bagus tidaknya perusahaan garansi, bonafid tidak? Jangan membuat konsumen seperti membeli fasilitas garansi bagai kucing dalam karung. Untuk pihak garansi, tutup usaha saja, masak melihat kondisi BB bisa garansi atau tidak, sampai lebih sebulan? Ngawur! Kalau kekurangan karyawan, saya siap jadi karyawan anda, saya bisa melihat kondisi BB garansi atau tidak dalam semenit saja, yah bisa 300 BB rusaklah dalam sehari atau 9000 BB dalam sebulan!

Akhirnya kami bawa pulang lagi BB nya, tanpa kejadian. Waktu dan tenaga habis percuma mengurus sesuatu yang menjengkelkan begini.

Semangat menggaransi temans, apakah anda pernah merasa ditipu perusahaan garansi?

25 responses to “Klaim Garansi Blackberry Ditolak

  • Albertus evan harso k

    Saya pake garansi ACS tidak ada apa-apa. Tapi saya bingung apa benar blackberry garansi ACS itu pada refurbish semua?. Lokasi service center ACS di ITC Roxy Mas lantai berapa?. Kalau ada yang tau sms: 088274091209 atau pin bb 32EFB6E6

  • absenfinger.com

    sebenere cara nyari BB yang bagus gmn sih?sekelas BB kyk”e banyak banget masalah,,

  • iqbal

    wahh kebetulan kejadiannya sama di karebosi link..saya beli bb second tapi masi garansi kata penjualnya (distributor ksa).. belum 2 bln matot..lalu dtng ke toko buat klaim dan tokopun mengiyakan kirim ke jakarta(dist.ksa)..sminggu kemudian dtlpon dri toko kalo bb sdh kembali ke makassar dan garansi void..harusnya sebelum kembali dikonfirmasi dlu ke user mengenai kerusakan dan lain lain..tapi ini kok tiba2 sdh ada aja kembali ke toko..saya dtng ke toko karrebosi link minta spy dikirim lagi,.penjual menolak dan berjanji bantu perbaiki ditemannya..dan akhirnya matot beneran..singkat cerita sy konfirmasi lgsung ke pihak distributor dijakata dan ternyata bb sy itu belum terdata alias tidk pernah masuk/dikirim ke distributor..dari sini sy bisa pastikan ada indikasi penipuan oleh pihak penjual

    hubungi sy gan. lokasi makassar 085299838699

  • A.S.

    saya pernah punya pengalaman buruk dengan garansi distributor berrindo pccare yg dibeli di toko “PDA Center” di Plaza Marina Surabaya..
    blackberry saya bermasalah sejak hari pertama beli. karena hanya bisa nyala maksimum 2 jam, dan sesudahnya langsung koit.
    protes ke pihak toko, mereka jawabnya berbelit-beli dan ngajak berantem,
    akhirnya mereka mau benerin setelah kita teriak2 di depan tokonya.
    setelah urusan blackberry dengan toko beres, blackberry itu akhirnya bisa dipakai.
    tapi itu juga tokonya langsung lepas tangan dan langsung ngomong gak mau tanggung jawab lagi kalau ada apa2 dengan blackberry nya
    setelah sebulanan dipakai, blackberry nya berulah lagi.
    karena itu kita terpaksa datangin ke kantor berrindo di ITC Jakarta (kebetulan memang waktu itu ada perlu ke jakarta juga, jadi sekalian aja).
    begitu datang ke ITC, ngelihat “kantor” nya udah ragu2. keciiiil banget, cuma segede kios tempat servis radio di pasar.
    akhirnya kita beranikan diri nanya ke mbak2 yg ada di sana.
    ternyata memang bener itu “kantor” berrindo.
    pas kita bilang mau klaim garansi, si mbak tadi langsung jawab “oh itu kesalahan pengguna”
    buset dah, hebat amat si mbak belum juga pegang blackberry nya udah bisa tau, emang dia punya indera keempatbelas yg bisa menebak kalau blackberry itu rusak karena kesalahan pengguna tanpa melihatnya?
    setelah kita debat, akhirnya dia mau ngecek blackberry-nya.
    gak berapa lama kemudian, dia balik sambil ngomong kalau garansi ditolak karena garansinya tidak sah (WTF!!!).
    intinya sih mereka menyalahkan toko PDA Center yg di Surabaya atas kesalahan garansi tersebut, dan “berjanji” akan mengusut toko tersebut.
    setelah debat kesana kemari, akhirnya kita pergi sambil dongkol.
    blackberry masih rusak, dan gua udah buang waktu dan tenaga buat ngurusin blackberry ini.
    sekarang itu blackberry akhirnya bisa nyala lagi pas udah gua bawa ke tukang servis di sentra hp dengan bayar Rp. 650 ribu.

    gua dah bersumpah gak akan pernah beli barang produk berrindo lagi seumur hidup. dan semoga orang2 Berrindo Jakarta dan PDA Center Surabaya mendapat balasan yg setimpal atas penipuan yg mereka lakukan. Amiiinn.

  • Monel

    saya pake acs tidak pernah bermasalah, temen saya rata 2 pake acs tidak pernah masalah lebih dari 30 orang, kita groub
    biasanya yg sering bermasalah karena kita kurang ngerti dengan teknologi>jadi setiap saat diotak atik.
    dan yang penting lagi, bb jangan sering dikantongin dicelana jens yang ketat. karena hp akan sedikit ketekuk dan akan rusak pcbnya
    kalo sering diotak atik, apalagi dowload yang trial trial , setelah sebulan pasti heng
    salam sahabat

  • kazuya

    Share pengalaman. Sama persis tuh bro dengan garansi “THE BEST”. hati-hati pembeli Blackberry… Garansi BB kelas T*I… tempat service toko kecil abal-abal, sepi, dan ada kertas A4 dilipat 3 ditulisin pake spidol “Disini terima garansi The Best”.. officially barang2 rekon bro. plis semurah apapun BB ini, jangan pernah dibeli.

  • cheon

    itu ACS perusahaan bobrok….

  • Mirta

    So pasti jangan pernah beli BB garansi ACS, ditipuuuuu…

  • Akmal Rizali

    Terima Kasih atas infornya, soalnya saya baru aja mau beli HP garansi ACS.

  • Tian

    Gw barusan beli blackberry di booth smartfren di indocomtech 2012 kemarin ini. Tergiur sama harganya yg murah, gw beli bb 8330 garansi ACS. Baru 3 hari gw pake, lw tau kenapa? semua fungsi keypad dan tombol2 yang ada berhenti berfungsi. Bb masih nyala tapi ga bisa dipencet sama sekali! Gw saranin buat yang mau beli bb garansi ACS, jangan pernah beli bb garansi ACS!! PENIPU KELAS BERAT! SEMOGA GARANSI ACS BANGKRUT!! AMIIIN! GARANSI ACS = GARANSI ABAL-ABAL! INGET JANGAN PERNAH BELI BB ACS, SAYANGIN DUIT LW YANG UDAH DITABUNG LAMA2 TAPI AKHIRNYA TU DUIT BERAKHIR DI ORANG-ORANG ACS YANG KASIH BARANG BEKAS! WASPADALAH! JUALAN ACS = BARANG BEKAS!

  • Phiong333

    Saya mau curhat teman2,hari ini saya baru aj beli bb garansi acs di roxy gerai smartfren lantai 1,coba disana smua okey kecuali trackpad rada nonjol tp gpplah,yang jadi masalah adalah baru dipakai 2 – 3 jam,itu bb cursornya suka turun sendiri,walau dibiarkan lama2 makin parah

    besok rencana gw baru kesana claim,kelanjutannya nanti saya paparkan,tapi kata adik saya seh bisa ganti baru kalau baru 1 hari

    ndak tau,smoga seh bisa

  • syahdana

    saya jgga nih torch 2 rusak beli di dukomsel dari acs, cuman gara2 baret2 bb ane di tolak itu pun nunggu sebulan lebih,, nah saya minta yaudah cek benerin di dukomsel, tau2nya di bilang rusak mesin,nya harus beli mesin seharga bbnya kampret trus ni bb gwa di apain kalau di tolak garansi gara2 bb, kan beli tuh barang mahal,beli pun bulan febuari beli baru ada faktur2nya huaaaaa

  • hongkang

    hancurin ja…
    kampret tu pabrik ACS..
    penipu number 1..

  • Refa

    share yg sangat sependapat dg saya. awal Mei saya dpt hadiah bb smartfren dan bergaransi ACS dr temannya bapak saya. baru dipake itungan hari udh ngadat. saya pikir ini kesalahan sy pertama ngecharge bb. tp sy recharge(dg waktu lbh lama dr sblmny) kemudian nyala dn bsa dpke sekitar satu bulanan stlh itu mati lg smpe skrg. sya cek k konter ktnya hardwere rusak. sya jg gtw dmn bb itu dbeli jd bgg kalo minta ganti rugi dmn gtau tokonya.

  • nita

    BB saya juga garansi ACS, saya beli di Teraskota BSD. ketika saya claim ke Blackberry Centre setelah penelitian dari pihak SMARTFREN bahwa BB saya memakai mesin KLONINGan, pihak Blackberry Centre di Teraskota melihat dus saya dengan garansi ACS kemudian langsung ditolak dan disuruh claim ke ROXY saja, mereka tidak mau bertanggung jawab atas BB yang saya beli di tempat mereka.

  • Lagu Will.i.am Jadi Inspirasi Buku Seks | bijak.net

    [...] Jadi Inspirasi Sutradara "Avengers"Profil John KeyOMBAK RINDU (Hak Cipta Terpelihara)Klaim Garansi Blackberry DitolakKlaim Garansi Blackberry [...]

  • itatea

    wadoooohhhh, ini belom 2hari fitur gambar di BB nya kagak bisa dibuka. mana jauh lagi sama toko tempat belinya. katanya di medan ada ACS nya tapi dicari2 alamatnya di google nihil.salah beli nih sayaaaaa :(

  • wongpurwokerto

    saya punya BB garansi ACS dan sekarang sedang bermasalah, saya tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah. usia BB masih garansi 23 bulan. apa yg harus saya lakukan dengan BB saya? bagaimana menurut bapak2 sekalian yang sudah pengalaman tentang garansi ACS tersebut?

  • Athina

    similar case, hp saya dikirim ke Jakarta oleh Toko seminggu yang lalu, toko inform kalau sdh sampe Jakarta dan sudah diterima, pihak ACS bilang hp saya sdh masuk tahun ke 2 jadi asuransinya tidak termasuk pergantian spare part, hanya pergantian software saja free (anehkan..) karena saya lupa details asuransi dikertas kecil ACS itu saya gga bisa ngomong apa, ada yang pegang kertas kecil items garansi ACS? bisa memberikan pencerahan?…asuransi yang aneh, kalau saya tau begitu saya gga beli dgn asuransi ACS. ah well

  • icha

    BB sy jg garansi ACS, sy tinggal di denpasar dan blm menemukan tempat pengklaiman garansi ini. Krn hp ini kiriman dari ortu dr pangkal pinang. Masalah di bb sy adlh gambar yg tdk bisa muncul saat dibuka lewat media>gambar, alhasil sy tdk bisa mengirim dan mengunggahnya kemanapun. Padahal belum ada sebulan belinya. Software yg rusak spt ini apa sebaiknya diapakan? Mengetahui dr info komentar bhw garansi acs hanya sticker-nya saja.

  • wawan

    saya aja pnya BB torct 8900 garansi ACS, sekarang rusak muter2 surabaya tidak nemu galeri resmi acs.pdahal jnjinya 2 tahun garansi…..garansi palsu laan

  • dhidit

    memang, saya sungguh rugi, saya memiliki bb bergaransi ACS dan sangat tidak bonafid. tokonya sangat kecil di pojokan ITC Roxy Mas. saya mencoba menelpon tempat tsb tetapi tidak dangkat dan malah di reject. tidak seperti TAM atau yang lain. saya sangat kecewa dengan ACS

  • itanium

    Konsumen di Indonesia memang masih dinomorduakan dibanding pebisnis (distributor/penjual). Setahu saya, Blackberry dan iPhone garansinya berada di atap yang sama. Blackberry akan bilang garansi TAM. dan Service Center iPhone (ga disebut sebagai TAM) kalo diteliti, alamatnya sama persis dengan tempat klaim garansi/service center-nya Blackberry.

  • john

    bapak sudah cek belom ke perusahaan garansinya apakah benar sudah diterima?dan tanggal berapa diterimanya.jangan-jangan toko tempat anda menitip yang telat mengirimkan…demikian saran saya

  • archer

    ngajuin garansi atau Benerin hape itu ke tempat resmi justru menjengkelkan karena lama banget saya aja sempet nunggu 3 bulan, mending benerin di pinggir jalan cepet

Leave a Reply

