Izin Membangun Perumahan

Perumahan dalam perumahan. Saya mendefinisikan perumahan adalah dua rumah atau lebih yang berdiri diatas lokasi yang berdampingan, memiliki model yang sama dan dikelola pembangunannya oleh perusahaan yang sama. Awalnya tanah di atas perumahan ini adalah tanah kosong, terdapat dalam perumahan di daerah Panakkukang Makassar, di depan rumah mertua. Karena prospek yang menjanjikan, kontraktor membangun empat unit rumah di atas tanah kosong ini. Konon harga cashnya 1,4 M, naik jadi 2,4 M kalau dibeli kredit. Baru 4 rumah yang dibangun, didepannya dibangun lagi apartemen 5 tingkat. Untuk tahap awal pembangunan apartemen dilakukan pengerukan tanah yang lumayan dalam.

Beberapa hari lalu sang excavator jatuh terjerembab di lubang yang dibuatnya sendiri, sekarang berusaha diangkat naik. Sebagai warga prilorong, kami cukup terganggu dengan pembangunan perumahan ini. Prosesnya menurut saya tidak berperiketetanggaan, truk dan material yang terparkir mengganggu keluar masuknya mobil di rumah mertua. Terlepas dari ada tidaknya izin pembangunan perumahan ini, lumayan mengganggu ketentraman kami, dan mugkin warga sekitar.

Logikanya, izin mendirikan perumahan semestinya ada dan melebihi izin mendirikan bangunan rumah. Pernah saya baca, izin membangun perumahan dibawah 5 hektar harus seizin bupati atau walikota, 5 sampai 200 hektar har us seizin gubernur. Selain itu, perumahan yang dibangun harus sesuai dengan RTRW (rencana tata ruang dan wilayah) kota. Saya rasa, RTRW di depan rumah mertua ini sudah sesuai peruntukannya, memang untuk perumahan. Namun yang saya sayangkan adalah proses pembangunannya yang mengganggu aktivitas dan kenyamanan warga sekitar. Entah dengan fungsi pak RT dan pak RW yang mestinya menjaga ketentraman warganya dari hal demikian. Mudah-mudahan saya tak pernah berpikir kalau perangkat warga sudah disogok oleh kontraktor perumahan (ehh….sudah dipikir yah?).

Belum lagi ketentraman diusik pembangunan perumahan, tetangga jauh membangun rumah dengan mesin besar. Truk pencampur semen masuk lorong yang hanya terbuat dari batako, membuatnya rusak padahal baru dibuat beberapa bulan lalu.

Teringat saat merenovasi rumah beberapa waktu lalu. Keamanan perumahan bersitegang dengan bapak karena material bangunan berserakan di jalan, truk besar pun dilarang masuk perumahan, jadilah kami beli pasir dan kerikil secara eceran, lebih mahal.

About these ads
This entry was published on 06/04/2013 at 4:55 pm. It’s filed under foto, gilaku and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Izin Membangun Perumahan

  1. Waduhwaduh kalonpembangunan perumahan sampai mengganggu gitu patut dikomokain Mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: