Batere Bocor Nokia N82

Seperti inilah akibatnya jika tidak merawat batere hape dengan baik dan benar. Seperti batere hape Nokia N82 saya ini, “buncit”nya sudah melewati batas sehingga case nya tak bisa menutup lagi. Casenya saya lepas agar batere tidak mendesak organ vital hape, yah terpaksa saya plester agar batere tidak terlepas. Memang sih, usia batere sudah 2 tahun, sudah uzur kah batere jika menginjak usia demikian ?

Mestinya sejak dulu, agar batere awet saya mengindahkan beberapa tips ringan seperti:
1. Charge hape jangan saat batere kosong, sisakanlah minimal satu strip indikator batere.
2. Jangan mengcharge batere terlalu lama. Dulu saya mengcharge hape semalam suntuk, makanya kelebihan energi dan bunting.
3. Chargelah hape dalam keadaan mati. Pun jika dalam keadaan hidup, segera hentikan charge jika batere sudah penuh.

Batere saya ini sudah bocor banyak (entah dimana bocornya, dan entah siapa yang mempopulerkan istilah “bocor” ini, memangnya ember bocor?). Indikasi kebocoran terlihat saat hape dipakai nelpon, maka tak cukup 2 menit, indikator batere turun drastis dari strip penuh menjadi tersisa 1 strip. Bahkan sering saat menelepon, hape tiba-tiba mati, batere kosong. Gejala kebocoran yang paling nyata adalah cembung/buncit/gendut nya permukaan batere. Gejala awal buncit ini bisa anda periksa dengan memutar batere diatas permukaan kaca datar, jika berputar maka batere mulai bocor.

Karena buncitnya parah, saya melepas case batere karena khawatir merusak jeroan hape. Batere cukup saya plester saja agar tidak lepas. Setelah melakukan ini, ternyata masa menelpon jadi lebih panjang dari sebelumnya. Mungkin casenya memang harus dilepas agar jeroan hape tidak terdesak dan kembali mengoptimalkan fungsi batere.

[Muhammad Yasir]

6 thoughts on “Batere Bocor Nokia N82

  1. wah, kasusnya mirip dengan saya nih, overcharged batere. sekarang belum mapu untuk beli baru. huhu… ngarep gratisan deh, banyak-banyak ikutan lomba berhadiah HP. siapa tahu… (ngarep boleh dong ;))

  2. # ayahsiva : betul juga🙂
    # devry : saya sementara cari yg ori, tapi blum dapat, stock kosong. Iya, dulu salah dalam charge nya, berlebihan, inilah jadinya..

  3. Harus diganti baterenya tuch dengan batere ori…
    Kalo nggak bisa meledak, lho!😆

    Ini HP pasti sering dicharge lebih dari waktu yang ditentukan dech. Iya khan, mas?😉

Leave a Reply

