Pertemuan Dadakan, Kejutan !!!

Pagi tadi saya masih di kantor mengerjakan laporan mingguan surveilans. Tiba-tiba dihubungi teman untuk segera menghadiri pertemuan yang diselenggarakan WHO, menggantikan peserta lain yang tidak sempat hadir. Jadilah malam ini saya di lokasi pertemuan, padahal rencana awal seperti biasa saja, terlelap di rumah orang tua tercinta.

Tittle pertemuan ini adalah “Review surveilans AFP dan PD3I”. AFP singkatan dari Acute Flaccyd Paralysis, semacam gejala awal yang menjurus ke penyakit Polio dengan tanda-tanda kelumpuhan yang bersifat layuh secara mendadak pada anak dibawah usia 15 tahun. PD3I adalah singkatan dari Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi, antara lain Campak, Difteri, dan Tetanus Neonatorum.

WHO sebagai lembaga kesehatan dunia sangat concern mengenai program ini, begitupun beberapa tahun terakhir, biaya operasional dari pencegahan dan pemberantasan AFP dan PD3I yang disalurkan ke semua tingkatan institusi kesehatan disediakan oleh WHO. !egitu juga dengan pertemuan ini, semua dibiayai oleh WHO.

Semestinya peserta yang diundang hanya satu orang tiap kabupaten/kota. sebenarnya bukan saya yang ikut, saya hanyalah pekerja lapangan, kasarnya, saya hanya kurir spesimen AFP dan PD3I, teman sayalah yang mengerjakan laporannya. Yah, namanya juga rejeki, akhirnya malam ini saya terlelap di BBPK Makassar, bukan di hotel apalagi di rumah.

[Muhammad Yasir]

Leave a Reply

