Sopir Pete-pete yang Tak Sabaran

“Kiri depan Pak”, sapa saya kepada sopir angkot, menandakan saya sudah sampai di tujuan. Ya, beberapa hari ini saya naik pete-pete (sebutan untuk angkutan kota di Makassar), separuh jalan untuk kemudian dijemput sang pacar separuh jalannya lagi dengan naik motor setiap paginya ke kantor. Motor tunggangan saya sehari-hari rusak parah dan sepertinya siap-siap dipensiunkan.

Saya cuma mau sedikit cerita mengenai sopir pete-pete tadi. Dia menjalankan mobil sepertinya tak beraturan. Setiap tikungan atau mengerem, pasti membunyikan klakson, tipikal pengguna jalan yang sangat saya benci, sangat mengganggu pengguna jalan lain. Bisa dipastikan, sepanjang perjalanan saya pasti mendongkol dalam hati. Belum lagi saat sang sopir terlihat emosi (dengan membanting perseneling) saat salah seorang penumpang telat “mencabut” dompet untuk membayar ongkos pete-pete. Kadang juga sang sopir mengomel sendiri, terdengar jelas saat seorang anak SD turun dan membayar 500 perak. “Bagaimana saya mau ambil kau kalo ko bayar 500 ji”, omelnya. Selain emosi dan mengomel, sang sopir juga sempat mengolok-olok saat seorang ibu turun dan membayar ongkos angkot dengan uang seratusan perak, sepuluh keping. sang sopir kemudian nyeletuk “haha… Uang celengannya itu dia kasi pecah!!!”.

Perilaku seperti ini sangat mengganggu batin saya, saya kapok naik pete-pete dengan tipikal sopir seperti ini. Teringat saat kecil dulu, sangat sulit ke sekolah karena pete-pete yang enggan mengangkut anak sekolah. Apalagi dengan tipikal “menjengkelkan” seperti ini. Penumpang anak sekolah dijamin seperti berada di neraka. Hehehe, maaf lebay.

[Muhammad Yasir]

One thought on “Sopir Pete-pete yang Tak Sabaran

  1. Wajah-wajah sopir pete-pete di makassar emang beda-beda yah.. ada tong tawwa yang bae. Yang tidak kusuka itu kalau naik motorka di belakangnya kalau ada penumpang langsungi narem ndak liat-liat dulu dibelakang na.. hehehe 🙂

Leave a Reply

