Table Top Exercise di Infection Centre RSWS

Hari ini berakhir juga, setelah dari pagi hingga siang tadi melaksanakan table top exercise di Infection Centre Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo dan sore ini berdiskusi mengenai kegiatan tersebut.

Table top exercise ini diselenggarakan oleh JICA. Khusus untuk lokasi IC-RSWS (yang kebetulan saya bersama 6 orang pengamat bertugas disini), kegiatan dilaksanakan dengan sangat baik, sudah mendekati protokol teknis penanggulangan flu burung yang ada. Namun demikian, ada beberapa bagian yang mesti diselaraskan. Antara lain yang paling penting adalah mesti ada pedoman tata laksana kasus flu burung yang lebih spesifik dalam protokol teknis. Selama ini, yang paling ditonjolkan hanyalah mengenai surveilans rutin flu burung di RS, belum ada tata laksana yang spesifik dan jelas jika ada pasien flu burung yang akan dirujuk ke RS.

Hal ini dapat diatasi dengan menyelaraskan protokol teknis flu burung dengan standar operasional kasus flu burung yang ada di RS, masukkan saja sebagian besar bagian penting dalam SOP RS ke dalam PTFB, dan tambahkan beberapa format yang belum ada di PTFB (contoh, format rujukan FB dari puskesmas ke RS). Simpel kan…..

Foto diatas saya sempatkan saja ambil saat semua teman telah melaksanakan tugasnya masing-masing. Lihat saja ekspresi mereka yang kelelahan, kasihan juga. Sekarang waktunya istirahat untuk bertemu lagi dalam persentasi kegiatan kabupaten setelah makan malam nanti. Hari yang melelahkan.

[Muhammad Yasir]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s