Penting Nggak Penting Asal Posting

Menurut anda, pentingkah postingan-postingan saya di blog ini? Khususnya tulisan ini? Saya yakin 100% anda akan menjawab SANGAT TIDAK PENTING!!!

Namun, Takaran penting itu apa yah? Apa ukuran standarnya? Saya tahu dan sangat mahfum jika banyak kemudian pembaca atau yang nyangkut, tersesat di blog ini mengatakan bahwa blog ini sangat sangat tidak penting karena isi blog ini tidak ada yang penting dalam tataran pembaca umum yang notabene mencari sebanyak-banyaknya informasi di dunia maya.

Namun, penting atau tidak itu urusan saya, saya sangat merasa berkepentingan dalam nge-blog disini, mengapa?

1. Blog mengasah kemampuan menulis

Memang saya tidak berniat menjadi penulis terkenal. Minimal saya menulis untuk diri saya sendiri. Menurut saya, menulis akan membuka cakrawala pikiran kita, melatih kemampuan emosional. Semakin lama, semakin mahir anda menulis jika mempunyai banyak waktu untuk latihan. Latihan menulis di blog bummy seperti ini.

2. Ingin meng-abadi

Sebenarnya inilah tujuan utama saya ngeblog, mengabadi. Seandainya saya mati sekarang atau besok atau kapanpun, saya tidak terlalu sedih karena saya masih meninggalkan tulisan saya di blog, minimal yang membaca isi blog saya tahu saya pernah hadir di muka bumi (Narsis yahhh…hehehe). Benjamin franklin, salah seorang presiden Amerika Serikat pernah mengatakan, “Jika anda tidak ingin dilupakan orang segera setelah anda meninggal, maka tulislah sesuatu yang patut dibaca atau berbuatlah sesuatu yang patut diabadikan dalam tulisan.”

Alih-alih Ikut mewarnai peradaban, mengukirkan nama saya pada lembaran-lembaran sejarah. Kalau saya bisa melakukannya, maka saya akan dapat terus hidup, nama saya terus dikenang bahkan ditulis dengan tinta emas. Walaupun mungkin jasad saya sudah hancur dimakan cacing tanah.

3. Saya mesti membaca untuk menulis

Membaca adalah belajar. Namun sebenarnya, saya orang yang paling malas membaca. Hal ini mengakibatkan tulisan-tulisan saya menjadi tidak jelas, ngolor ngidul kesana kemari. Maklumlah, pembelajaran saya kebanyakan dari hasil pengalaman atau penelusuran pribadi. Namun untuk lebih baik, minimal untuk menulis, saya mesti mempunyai referensi. Untuk itu saya dipaksa banyak membaca agar referensi pengetahuan, minimal perbendaharaan kata menjadi lebih baik. Walaupun bacaan saya yah tulisan-tulisan saya terdahulu… hehehehe..

4. Mereduksi beban psikis

James W. Penebeker, seorang ahli psikologi bahwa menulis merupakan metode yang tepat untuk memahami dan memecahkan gejolak pribadi. Tuliskan segera apa yang ingin anda keluarkan dan setelah anda baca kembali, beban dan trauma yang sedang anda alami akan lebih ringan dan yang penting, perasaan, pikiran akan sehat kembali. Menurut saya, ini hanya tujuan akhir dari saya menulis disini.

Itulah beberapa alasan saya menulis dan memiliki blog (ini). Walaupun anda merasa tidak penting, saya merasa blog ini sangat penting lho..

Penting Nggak Penting Asal Posting.

Leave a Reply

