Kapan Lebaran Idul Fitri 1432 H ?

Kapan Lebaran Idul Fitri tahun ini ?

Maaf, Lebaran Ditunda...
Lebaran Ditunda

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan 1 Syawal 1432 Hijriyah jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011, hari ini. Idul Fitri akan jatuh pada 30 Agustus, yang juga berarti berakhirnya bulan Ramadan. Demikian breakingnews yang dimuat di laman Al Arabiya News, Senin (29/8/2011).

Sebelumnya, Malaysia juga akan merayakan Idul Fitri pada Selasa, hari ini. Penetapan hari raya umat Islam di negeri jiran itu disampaikan oleh Penyimpan Mohor Besar Raja-raja, Datuk Syied Danial Syed. Keputusan tersebut didasarkan pada rukiyat dan hisab di 30 tempat di seluruh Malaysia. “Bagi menyempurnakan titah perintah Sri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agung, dengan ini saya mengumumkan Hari Raya Idul Fitri di seluruh Malaysia telah ditetapkan pada hari Selasa 30 Agustus 2011,” kata Danial.

Mesir, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab juga berlebaran tanggal 30 Agustus 2011.

Bagaimana dengan Indonesia ? Berbeda dengan Arab Saudi maupun Malaysia, Pemerintah RI memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu (31/8/2011) besok. Keputusan diambil setelah Menteri Agama Suryadharma Ali yang memimpin sidang mendengarkan 12 pandangan ormas Islam dalam sidang isbath di Kementerian Agama.

Sebelum sidang isbath, sebagian besar masyarakat mengikuti kalender yang menetapkan 1 Syawal jatuh pada 30 Agustus 2011 sehingga sudah mulai takbiran, saling mengucapkan selamat dan bermaaf-maafan.

Pengumuman 1 Syawal oleh pemerintah baru tadi malam (29 Agustus) hari membuat perkiraan sejumlah masyarakat menjadi meleset. Banyak yang sudah berkumpul untuk melaksanakan takbiran akhirnya bubar, ada pejabat yang terpaksa meralat jadwal open hause. Kondisi ini jelas membuat jadwal masyarakat turut menjadi kacau.

Bagaimana dengan saya ? Bingung. Sebelum-sebelumnya saya mengikut di Muhammadiyah yang telah lebih dulu menetapkan 1 Syawal pada hari ini, masjid di blok tetangga pun mengumumkan hal yang sama tadi malam. Karena kelelahan, Saya pun bergegas tidur tadi malam sebelum sidang isbath selesai. Herannya lagi, ada yang membangunkan saya untuk santap sahur jam 3 tadi, entah siapa, padahal saya sudah niatkan Idul Fitri pada hari ini.

Akhirnya, dualisme hari raya terulang lagi tahun ini. Saya pikir ini hanya soal tarik-menarik pengaruh ideologi ke-Islaman di negeri ini. Siapa yang menang ? Tetap saja rakyat yang dibuat bingung, termasuk saya. Akhirnya (lagi), saya pasrah saja, entah dosanya siapa yang tanggung kalau saya yang salah.

Kapanpun, dimanapun, Selamat Idul Fitri 1432 H.

Advertisements

One thought on “Kapan Lebaran Idul Fitri 1432 H ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s