ASEAN Plus Three (+3) 2011

Rangkaian kegiatan KTT ASEAN Plus Three dibuka pagi ini oleh Presiden SBY selaku Ketua
ASEAN. Isu penting yang dibahas dalam gelaran ini adalah kerjasama memelihara stabilitas politik dan keamanan yang sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan. Tiga negara tambahan yang menjadi mitra dialog ASEAN dalam forum ini adalah Jepang, Korea Selatan dan China. Menurut jadwal, rangkaian kegiatan KTT ASEAN plus Three. dilangsungkan di Bali Nusa Dua Convention Center mulai pukul 08.20 WITA, Jumat (18/11 /2011).

Agenda yang dibahas dalam forum dialog ini adalah kemajuan penerapan kesepakatan rencana kerja bersama ASEAN dan ASEAN Plus Three 2007-2017 dan pelaksanaan Macroeconomic Research Office (AMRO). Juga ada penandatanganan kesepakatan ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve (APTERR) dan kerjasama ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on disasster management (AHA Center). Di dalam kesempatan ini sekaligus akan diperingatan 20 tahun hubungan ASEAN dengan China. Peringatan dalam bentuk pertemuan antara para pemimpin ASEAN dengan China tersebut dipimpin oleh Presiden SBY dan PM Wen Jiabo serta dihadiri oleh Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Mereka meresmikan pembentukan ASEAN-China Centre. Yaitu wadah untuk mendukung
peningkatan kerjasama antara China dengan negara-negara ASEAN untuk perdagangan,
investasi, turisme, pendidikan dan pertukaran budaya. Pertemuan serupa juga dilangsungkan oleh para pemimpin ASEAN dengan PM Jepang, Yoshihiko Noda dengan agenda peningkatan konektifitas, hubungan dagang, penanggugulan bencana serta
penanganan kejahatan lintas negara . Target dari pertemuan tersebut adalah mengesahkan deklarsi bersama peningkatan kemitraan strategis antara ASEAN dengan Jepang untuk penerapan rencana aksi bersama 2011-2015. Ada sesi pertemuan serupa antara pemimpin ASEAN dengan Presiden Korea Selatan, Lee Myung-bak , dengan agendanya yang tidak jauh berbeda. Yaitu peningkatan kemitraan di masa mendatang, deklarasi kemitraan strategis 2011-2015, kerjasama ketahanan pangan yang mencakup program ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve Agreemen (APTERR).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s