Gratifikasi di Pernikahan ibas Putra Presiden

Pengertian Gratifikasi menurut penjelasan Pasal 12B Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi yaitu pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan,
fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya. Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri dan yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Pengecualian atas aturan tersebut ada pada pasal 12 C ayat (1) di undang-undang yang sama yaitu ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12B ayat (1) tidak berlaku, jika penerima melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjalankan mekanisme pelaporan gratifikasi sesuai dengan ketentuan, saat pejabat negara ini melangsungkan pernikahan putra nomor duanya Edhie Baskoro ibas Yudhoyono pekan ini. Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha dalam keterangan pers di kompleks Istana Presiden Jakarta, Senin, mengatakan mekanisme gratifikasi akan dilakukan bila ada hadiah atau pemberian yang melebihi ketentuan yang ada. “Saya kira semua akan melakukan prosedur, kami ketahui unsur yang bisa dikategorikan sebagai gratifikasi,” kata Julian. Ia menjelaskan tamu tidak perlu memberikan hadiah, pun jika ada, tidak akan dilakukan atau diterima, semua akan ada pertanggung jawabannya dan prosedurnya. Julian mengatakan panitia kegiatan telah membahas mengenai hal tersebut dan memiliki kesiapan untuk mengelola agar pelaporan gratifikasi bila diperlukan bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Berminat memberikan hadiah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s