Hubungan antara Kondisi Fisik, Kepribadian, dan Ngidam

Ada penyebab di balik hasrat besar mengonsumsi makanan tertentu. Keinginan seperti orang ngidam ini dapat melihat kondisi fisik dan juga tipe kepribadian Anda. Alan R. Hirsch, M. D., kepala Smell & Taste Treatment, Research Foundation di Chicago, dan penulis,telah mempelajari proses ngidam dan pilihan makanan terkait dengan keadaan fisik dan kepribadian pada lebih dari 18 ribu orang selama 25 tahun. Berikut ini adalah hasilnya.

1. Ngidam Makanan Asin

Kondisi fisik: Kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan mineral. “Penelitian menunjukan bahwa beberapa wanita yang mengonsumsi asupan rendah kalsium menginginkan makanan asin dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi cukup kalsium,” ujar Michael Tordoff, Ph. D., peneliti di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia. Di dalam tubuh, natrium secara sementara meningkatkan kalsium di dalam darah sehingga tubuh tertipu dan berpikir bahwa masalah kekurangan kalsium telah teratasi. Di sisi lain, mineral lainnya pun ikut berkurang. Penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan menemukan bahwa kekurangan kalium, kalsium, dan besi dapat membuat orang ingin menyantap makanan asin.

Kepribadian: Anda termasuk orang yang dapat beradaptasi dengan baik dan membiarkan hidup berjalan laiknya air yang mengalir. Pada penelitian Hirsch, pecinta garam memiliki ‘kontrol lokus eksternal’ yang berarti Anda mempercayai kekuatan dari luar, bukan tindakan Anda sendiri untuk menentukan nasib Anda.

2. Ngidam Cokelat

Kondisi fisik: Cokelat yang Anda santap akan melepaskan kandungan serotonin. Serotonin ini berfungsi sebagai antidepresan saat hormon kebahagiaan berada di tingkatan terendah.

Kepribadian: Hal ini tergantung dari jenis cokelat yang Anda inginkan. Jika Anda sangat menginginkan kenikmatan dark chocolate berarti Anda adalah orang yang dapat menghidupkan sebuah pesta, menyenangkan orang lain, dan mudah bekerja sama dalam tim. Jika Anda ngidam milk chocolate, berarti Anda adalah tipe orang pendiam dan introspektif.

3. Ngidam Makanan Pedas

Kondisi fisik: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu menginginkan makanan pedas, memiliki tekanan darah tinggi, denyut jantung cepat, dan bernapas dengan cepat.

Kepribadian: Anda adalah orang yang perfeksionis, mencintai ketertiban, tidak suka membuang-buang waktu, dan sangat memperhatikan detail.

4. Ngidam Makanan Manis

Kondisi fisik: Kondisi tubuh Anda serupa dengan orang yang mengidam cokelat. Ingin dengan segala sesuatu yang manis menunjukkan bahwa Anda ingin meningkatkan suasana hati Anda. Atau, bisa juga Anda kekurangan banyak energi.

Kepribadian: “Pecinta gula cenderung memiliki sisi liar,” ujar Hirsch. Dia menggambarkan bahwa Anda adalah orang-orang yang hedonistik. Anda juga ingin menonjol dan merasa istimewa.

5. Ngidam Makanan Manis dan Asin Bersamaan

Kondisi fisik: Tubuh Anda membutuhkan glukosa dan natrium. Ketika sel-sel tubuh bekerja dengan sangat lamban dan Anda merasakan sangat lelah, Anda akan sangat menginginkan perpaduan dari rasa manis dan asin di mulut Anda.

Kepribadian: Anda adalah seorang penyendiri, tapi juga seorang yang berani. Menurut data Hirsch, orang yang berpikir bahwa keripik kentang akan sangat enak ketika dicelupkan ke dalam saus cokelat termasuk orang yang kreatif, penyendiri, to the point, dan sedikit angkuh.

Bagaimana dengan anda?

Sumber : vivanews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s