Hujan dan Imlek

Bagi masyarakat Tionghoa, kemudahan dalam mendapatkan rejeki selama setahun kedepan bisa dilihat dari hujan tidaknya malam pergantian tahun baru Imlek. Jika hujan, berarti pertanda kemakmuran. Sebaliknya, jika rumah mereka sepanjang malam imlek tak tersentuh air hujan berarti rejeki selama setahun kedepan akan sulit mereka raih. Kepercayaan ini berkaitan dengan kondisi geografis bangsa China sejak jaman nenek moyang yang agraris. Sebelum imlek adalah musim salju, jadi sulit mencari rejeki, imlek berarti musim semi dan hujan tiba tanda kemakmuran.

Selain itu, penanggalan Tionghoa. berpatokan pada bulan serta disempurnakan dengan penanggalan matahari. Dengan patokan bulan dan matahari inilah, maka tahun baru imlek tiap tahunya tak banyak bergeser dari penanggalan tahun masehi, Sehingga tahun baru Imlek pasti akan jatuh pada sekitar pertengahan Januari hingga pertengahan Februari. Dengan tak banyaknya terjadi pergeseran inilah, membuat masyarakat Tionghoa percaya akan berkah adanya hujan di setiap tahun baru Imlek yang menandai dimulainya musim semi.

Kondisi di Indonesia? Karena hanya ada dua musim di Indonesia (hujan dan kemarau), Sekarang ini Bukan hujan lagi, malah banjir. Banjir pula rejeki tahun ini? Entahlah, yang pastinya di Makassar malam imlek ini tak ada setetes hujan pun membasahi genteng rumah saya, padahal kemarin hujan deras turun dengan amat sangat. Seandainya saya warga keturunan Tionghoa, mungkin saya sudah “menangis cina” hari imlek ini.

Semangat hari imlek saja, gong xi fa cai, semoga dibanjiri rejeki. Selamat berlibur.

Sumber: tempo.co

Advertisements

2 thoughts on “Hujan dan Imlek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s