Membayar Tilang di Bank?

Anda pernah kena tilang? Pilih ditilang atau “damai”? Sekarang, ketika ditilang ternyata kita bisa bayar biaya titipan sidang ke Bank BRI. Info ini saya dapatkan di kompasiana.

Saat ditilang, dengan meminta slip/blangko penilangan berwarna biru pada Polantas yang menilang, kita bisa langsung ambil SIM/STNK yang ditahan polisi pada hari itu juga dengan menyertakan bukti penyetoran dari Bank.

Alur sederhananya adalah :
Tilang minta slip biru –> setor titipan denda sidang ke Bank BRI yang ditunjuk –> foto kopi slip tilang, bukti setoran dan KTP @2 lembar –> kembali ke polisi yang menilang –> SIM/STNK yang ditahan bisa diambil.

Jika merasa uang yang kita titipkan terlalu besar dan kita ingin sisa titipan denda tilang itu kita ambil maka caranya seperti ini :

Datang ke persidangan sesuai dengan tanggal sidang yang tertera pada slip tilang –> serahkan foto kopi slip tilang, bukti setoran dan KTP –> terima jumlah denda keputusan sidang –> datang ke Bank BRI tempat penyetoran –> customer service –> serahkan bukti keputusan sidang, foto kopi slip tilang, bukti setoran dan KTP –> teller –> sisa titipan denda tilang kita terima –> selesai.

Mungkin dengan sistem ini perilaku korup alias pungli aparat bisa ditekan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s