influenza like illness (ILI)

hari ini saya menderita gejala ILI, Influenza Like Illness. ILI adalah demam tinggi (lebih dari 38 derajat celcius) disertai batuk dan atau sakit tenggorokan. mulai tadi malam saya demam tinggi, tenggorokan pun sakit kalau menelan, batuk berdahak pula, ditambah sedikit sakit perut bagian atas. sungguh menyiksa.

dalam laporan surveilans epidemiologi penyakit, ILI dikategorikan sebagai gejala/sindrom (bukan penyakit) yang dapat menimbulkan wabah. ILI “diadakan” menggantikan posisi penyakit influenza karena di negara kita pemeriksaan influenza mesti lewat konfirmasi laboratorium yang masih sangat jarang di tingkatan puskesmas. jika sebelumnya influenza dimasukkan dalam laporan kewaspadaan dini penyakit, di lapangan sangat sulit terdeteksi karena influenza mesti disertai konfirmasi laboratorium. makanya ILI dimasukkan karena lebih mudah terdiagnosa tanpa diagnosa laboratorium. dalam bahasa, ILI sendiri berarti penyakit serupa influenza.

peningkatan kasus ILI di suatu wilayah melewati ambang batas tertentu dapat dikategorikan “peringatan dini” sebelum terjadi kejadian luar biasa (KLB) penyakit. yang masalah kemudian, hal ini (peningkatan kasus ILI) sulit terdeteksi di tingkatan puskesmas karena penderita yang menderita ILI biasanya enggan ke puskesmas karena menganggap ILI adalah gejala penyakit yang biasa terjadi apalagi di musim penghujan seperti ini. contoh keengganan ini dapat dilihat pada diri saya yang malas berobat ke puskesmas, walaupun saya petugas kesehatan. pun kalau nanti semakin parah, saya lebih memilih berobat ke dokter praktek atau rumah sakit. inilah masalahnya, peningkatan kasus ILI di masyarakat sulit terdeteksi karena malas berobat ke pustu atau puskesmas.

sebenarnya ILI hanyalah titik awal dalam mendeteksi penyakit yang sesungguhnya mewabah di masyarakat. contohnya, apabila di suatu wilayah terjadi peningkatan kasus ILI, perlu dilihat apakah terjadi pada suatu cluster (rumah tangga). apabila benar, mesti dilihat apakah di sekitar cluster ada kematian ayam secara mendadak (contohnya), jika ya maka bisa sedikit disimpulkan bahwa penyebab ILI tersebut sebenarnya adalah flu burung (akibat virus H5N1). jika demikian, penanganannya bisa lebih komprehensif (mengikutsertakan petugas peternakan contohnya) sehingga dapat mencegah timbulnya wabah flu burung yang dapat lebih meluas.

kembali ke kasus ILI saya, semoga diberi kekuatan dan cepat sembuh deh. saya tersiksa dengan ILI ini.

Advertisements

3 thoughts on “influenza like illness (ILI)

    1. ILI bukan penyakit, hanya berupa gejala. jika menderita ILI harus didiagnosa lebih lanjut karena apa. jika influenza sebaiknya diobati dengan bantuan dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s