Sakit Tipes (Bagian 3) : Pengobatan dan Rehabilitasi

Alhamdulillah saya sudah masuk kantor hari ini. Itu tandanya saya sudah baikan dari sakit tipes yang saya derita seminggu terakhir ini. Tapi, untuk memastikan saya sudah sembuh betul atau masih sakit, saya harus periksa darah kembali. Rencananya saya periksa darah kembali besok.

Apa hikmah dari sakit tipes saya kali ini? Yang paling ngena adalah “Manfaatkan sehatmu sebelum sakit”. Memang saya tidak terlalu banyak beraktifitas dikala sehat. Selain ngantor, browsing adalah hal yang paling sering saya lakukan. Tapi setelah sakit tipes, rasa-rasanya saya tidak ingin sakit lagi, bukan soal tak bisa beraktifitas secara normal, biayanya itu loh, memusingkan!

Biaya pengobatan bagi saya yang PNS rendahan ini sedianya dibiayai oleh Askes. Namun entah mengapa istri saya ngebet memasukkan saya ke RS non pemerintah, non askes. Katanya, saya sudah terlalu lemah untuk periksa ke RS pemerintah yang jauh dari rumah. Ke dokter praktek umum pun tidak dapat periksa darah untuk penegakan diagnosa. Jadilah saya diperiksa di RS Grestelina minggu lalu. Kisahnya sudah saya posting di sakit tipes bagian 1 dan bagian 2.

Setelah diperiksa dan divonis tipes (tifoid), dokter memberi resep seperti di bawah ini.
Resep obat sakit tipes
Biaya obat tifoid ternyata mahal juga, apalagi obat paten. CRAVIT bisa sampai 42 ribuan per bijinya, dikali 10 biji (diminum sekali sehari) berarti lebih 400 ribu, obat maagnya sampai 150 ribu untuk 10 biji dikonsumsi 5 hari. Tambah vitamin. Tak mengapalah mahal asal cepat sembuh. Kalau di total, biaya pemeriksaan dan pengobatan sakit tifoid saya bisa sampai 1 juta rupiah (pemeriksaan laboratorium dan jasa dokter Rp 350 rib0, obat dan vitamin Rp 650 ribu).

Saya disarankan rawat inap tapi merepotkan, jadilah saya rawat jalan saya. Saya dirawat di rumah oleh istri, dilarang banyak gerak. Saya tidak ngantor seminggu terakhir ini, ini surat sakitnya.
Surat Keterangan Sakit RS

Namun sampai sekarang saya masih membatin, seandainya saya diberi obat generik mungkin biayanya tidak sampai membengkak begini.

Semangat saja, JAGA SEHATMU SEBELUM SAKITMU.

Leave a Reply

