Jangan Lewatkan Sarapan

sarapan
sarapan

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Sebelum ngantor, saya biasanya sarapan nasi goreng, atau mie goreng instant, atau roti bakar di rumah kalau sempat. Namun kalau lagi terburu-buru, teh manis hangat pun jadi pengganti sarapan. Biasanya, istri yang membuatkan. Kalau masih lapar juga atau ada acara dadakan di kantor, saya makan lagi tapi yang agak ringan, gorengan tahu atau pisang goreng. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan. Fungsi sarapan antara lain memberikan nutrisi pada otak, sehingga kinerja di kantor bisa lebih baik dibanding orang yang tidak sarapan. Selain itu sarapan dapat mengendalikan berat badan

Apakah sarapan saya sudah sehat? Entahlah, namun dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. Jenis makanan untuk sarapan juga penting, direkomendasikan diet seimbang yang sehat, kaya buah, sayuran, rendah lemak, gula dan garam.

Ilmuwan telah memperingatkan laki-laki yang sering melewatkan waktu sarapan memiliki kemungkinan kena diabetes 20 persen lebih tinggi. Studi yang melibatkan 3.000 orang memberikan bukti bahwa sarapan teratur bisa mengurangi risiko diabetes. Hal ini berkesinambungan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Medicine ini melibatkan laki-laki yang tidak memiliki diabetes di awal penelitian. Namun ternyta laki-laki yang tidak kelebihan berat badan serta memiliki pola makan yang sehat juga berisiko kena diabetes jika melewatkan sarapan. Partisipan yang hampir tidak pernah sarapan memiliki peningkatan risiko sebesar 21 persen dibanding laki-laki yang sarapan. Sedangkan laki-laki yang makan dengan benar 1-2 kali dalam sehari risikonya 25 persen lebih mungkin terkena diabetes dibanding yang makan benar 3 kali sehari.

Tim Harvard menuturkan memiliki makan 3 kali sehari termasuk sarapan menjadi pola makan yang optimal untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Serta sarapan juga terbukti mengurangi tingkat low-density lipoprotein yaitu kolesteroljahat yang bertanggung jawab terhadap penyumbatan arteri sekitar jantung.

Selain bisa membantu mengurangi risiko diabetes, sarapan yang teratur juga bisa mempertahankan berat badan sehat, mengurangi rasa lapar sehingga mencegah cemilan tidak sehat, serta memberikan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Manfaat lain yang didapat jika mengonsumsi sarapan sehat adalah mampu mengurangi stres dan meningkatkan kinerja mental serta fisik sepanjang hari. Untuk itu sebaiknya jangan lewatkan sarapan setiap harinya. Tapi sepertinya sarapan saya tiap hari berlebihan, makanya perut makin membuncit. Tidak sehat juga sarapan berlebihan.

Sudahkah anda sarapan hari ini??

Copasan : detik, wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s