Paperless Report

Paperless Report, menurut asal katanya berarti Laporan tanpa kertas. Penggunaan laporan fisik berupa kertas sudah dilakukan sejak dulu oleh petugas kesehatan, dalam hal ini petugas surveilans epidemiologi. Awalnya, kertas ditulis tangan sedemikian rupa kemudian dilaporkan ke tingkatan atas. Teknik ini kemudian berkembang menjadi penulisan laporan dengan menggunakan mesin ketik manual, tulisan menjadi lebih rapi dan mudah dibaca.

Penulisan dengan mesin ketik berevolusi lagi menjadi penulisan laporan dengan komputer yang lalu di cetak (print) kemudian dikirimkan secara manual. Saat ini, pengiriman secara manual sudah tertinggal, berganti dengan pengiriman laporan melalui email, tanpa kertas!

Permasalahan awal dari sistem kirim lewat email adalah legalisasinya. Orang lebih menganggap laporan fisik lebih valid karena dibubuhi tanda tangan dan stempel asli. Tidak dengan email, orang yang mengirimkannya masih dapat memperbaharui data laporannya.

Saat ini, paradigma pelaporan dengan kertas mulai berubah menjadi pelaporan tanpa kertas (lewat jaringan internet, email). Pelaporan dengan kertas sangat tidak efektif dan efisien. Kertas yang dikirim bisa saja tercecer dan hilang, terbakar, basah ataupun dicuri. Kompilasi laporan fisik pun bisa sangat ribet jika tanpa kemampuan mengarsipkan yang baik dari petugas. Bayangkan saja jika laporan tersebut menumpuk, menjadi sampah yang tidak berguna setelah di input dan diolah, sungguh merepotkan. Bandingkan dengan pelaporan tanpa kertas, semua berkas tersimpan dengan rapi dalam komputer, itupun bisa kita upload dan simpan secara online ataupun tersimpan aman di file email. Biar komputer hilang atau bermasalah, file tersebut masih tetap ada di dunia maya.

Masihkah anda melapor menggunakan kertas temans? Ayo beralih ke Paperless Report.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s