Supervisi BOK Puskesmas Moncongloe

Setengah sembilan pagi saya sampai di Puskesmas Moncongloe. Melintasi jalan becek dan berlubang penuh lumpur, masih seperti tiga tahun yang lalu. Namun sudah ada sedikit perubahan, jalan yang menghubungkan Pacerakkang Daya – Moncongloe sudah dibeton separuh jalan.

Sampai di Puskesmas hanya tampak seorang ibu yang menyapu halaman puskesmas. Semenit kemudian, seorang kakek tua datang hendak berobat. Hanya satu kalimat terucap di bibir saya, “belum ada orang pak”. Sabar yah pak, batin saya. Lima menit kemudian, seorang pegawai berpakaian putih-putih datang. Entah PNS atau pegawai kontrak, sepertinya seorang perawat. Sesampai di Puskesmas, si Pegawai hanya bisa duduk tenang tanpa bisa berbuat apa-apa, karena tanpa kawan. Tepat pukul 8.45, kepala Puskesmas dan beberapa pegawai telah datang.

Memang hal ini sudah menjadi “kewajaran”. Datang terlambat sudah dimaklumi mungkin oleh semua pihak, seperti halnya saya yang kerap datang terlambat ngantor. Untuk Puskesmas Moncongloe wajar karena jauh, maklum karena rata-rata pegawai Puskesmas tinggal di “kota” Makassar atau Maros. Tak ada raut wajah kecewa dari pasien, hanya pasrah saja. Maumi diapa? Namun sampai kapan?

Tugas ke Puskesmas Moncongloe edisi kali ini dalam rangka Supervisi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Ada masalah “spesial” dari Puskesmas ini karena pertanggungjawaban BOK nya sejak bulan Januari belum masuk. Baru pertama kali ini saya “solo karir” mengadakan supervisi BOK. Karena pengalaman pertama, saya agak nervous juga, apa mau dibikin ini? Saya hanya membawa Plan of Action (POA) BOK Puskesmas. Kata kepala seksi P2PM (sekaligus koordinator verifikator BOK) saya, cukup selaraskan kegiatan BOK Puskesmas yang ada di POA BOK, apakah sesuai atau tidak, periksa dokumen pertanggungjawabannya, apakah sesuai atau tidak. Rencananya, saya akan mengadakan supervisi BOK di enam puskesmas di Kabupaten Maros untuk tahun 2012 ini, puskesmas Moncongloe adalah supervisi yang pertama.

Setelah bertemu sekilas dengan kepala puskesmas, dapatlah saya sedikit simpulkan permasalahan terlambatnya pertanggungjawaban BOK Puskesmas karena adanya dokumen pertanggungjawaban dari pemegang program yang belum masuk seperti surat tugas dan sebagainya. Dengan kata lain, sebagian pegawai puskesmas malas mengumpulkan dokumen laporan pertanggungjawaban BOK.

Memang dana BOK adalah semacam stimulasi agar puskesmas dapat bekerja lebih dalam hal preventif dan promotif yang selama belum ada BOK terkesan dianaktirikan. Namun, jika dana BOK tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh puskesmas, bagaimana puskesmas dapat lebih meningkatkan pelayanan preventif-promotifnya?

Pukul 09.33, akhirnya orang yang dinanti, bendahara BOK Puskesmas Moncongloe datang juga. Segera saja saya men-supervisi laporan pertanggungjawaban BOK nya. Hasilnya? Masih banyak kekurangan sana-sini yang dengan terpaksa saya wajarkan. Kekurangannya antara lain :
– ketidaksesuaian antara tanggal surat tugas dan kegiatannya, bahkan masih banyak surat tugas belum mempunyai nomor dan kegiatan belum bertanggal.
– laporan bulan maret belum ada.
Selebihnya tak perlu saya sebutkan, masih terkait dengan hal-hal mendasar pertanggungjawaban keuangan.

Rekomendasi saya hanyalah agar bendahara BOK segera melengkapi laporannya agar dana BOK untuk puskesmas dapat segera dicairkan. Memang dana BOK untuk bulan Januari dan Februari masih dalam bentuk belanja langsung (LS), dalam artian kegiatan dilaksanakan dahulu (dengan modal sendiri) baru kemudian dananya dapat dicairkan. Selanjutnya adalah agar output dari lokakarya mini dapat diterapkan dalam POA BOK selanjutnya, banyak kemudian kegiatan hanya merupakan copy paste dari kegiatan bulan sebelumnya, sungguh tidak kreatif. Rekomendasi terakhir adalah agar seluruh kerja punya indikator target dan sasaran yang jelas, agar kegiatan BOK tidak sia-sia setiap bulan kerjaannya cuma itu-itu saja tanpa peningkatan yang jelas.

Supervisi berakhir sekira pukul 12 siang, saya pulang dengan mbatin, kacau-kacau program kesehatan kalau puskesmas kinerjanya seperti ini. Semangat siang saja….

One thought on “Supervisi BOK Puskesmas Moncongloe

Leave a Reply

