2011-2012, Musim Galau MU

Manchester United -klub sepakbola terbaik dunia favorit saya- musim ini sedang galau. Betapa tidak, prestasinya sedang turun di seluruh ajang kompetisi sepakbola pada musim ini dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Berikut ini daftar kegalauan Manchester United yang masih sempat teringat musim 2011-2012 ini.

Galau di Liga Champions
Tidak lolos dari fase grup, kalah bersaing dengan Benfica (Portugal) dan Basel (Swiss). MU hanya berhasil mengoleksi 9 angka, sementara pesaingnya Benfica 12 angka, dan Basel 11 angka. Butuh kemenangan di laga terakhir, MU malah kalah tandang lawan tim setingkat dibawahnya, Basel. Berikut hasil lengkapnya.
Benfica vs MU (1-1)
MU vs Basel (3-3)
Otelul vs MU (0-2)
MU vs Otelul (2-0)
MU vs Benfica (2-2)
Basel vs MU (2-1)
Hasil menang 2 kali, seri 3 kali, dan kalah 1 kali bukanlah hasil yang buruk-buruk amat. Tapi MU gagal lolos fase knock out, kegalauan Mancunian yang mana yang diragukan?

Galau di Europa League
Gagal lolos ke fase knocout Liga Champions, otomatis membuat MU turun kasta ke Europa League karena berada di posisi ke 3 terbaik fase grup liga Champions. Lawan pertama adalah Ajax Amsterdam (Belanda), hasilnya MU menang di kandang lawan (skor 0-2) dan kalah di Old Trafford (skor 1-2), akhirnya lolos dengan unggul agregat gol ke fase selanjutnya. Kiprah United di Liga Europa terhenti setelah dikalahkan oleh Athletic Bilbao (Spanyol) di kandang (skor 2-3) maupun tandang (skor 2-1). Bilbao akhirnya jadi runner up Europa League setelah dikalahkan Atletico Madrid (Spanyol). Dengan hasil ini, kegalauan Sir Alex Ferguson yang mana yang diragukan?

Galau di Piala Carling
Seperti biasa, Carling Cup diikuti para pemain lapis kedua. Babak ke 3 Carling Cup, United mengalahkan Leeds United (skor 0-3), Babak ke 4 mengalahkan Aldershot (skor 3-0) sebelum akhirnya dikandaskan Crystal Palace di Babak ke 5. Dikalahkan tim kelas dua seperti Crystal Palace (skor 1-2) di Old Trafford, walaupun di kejuaraan kelas 3 ranah Inggris tetap membuat galau fans United.

Galau di FA Cup
Walaupun sempat merajut asa ketika mengkandaskan laju sekaligus membalas dendam atas Manchester City (skor 2-3, City 10 pemain), akhirnya MU dikalahkan Liverpool (skor 2-1, yang akhirnya jadi Runner Up dikalahkan Chelsea) di ajang FA Cup. Galau? Pastimi!

Galau di Liga Inggris
Inilah yang paling galau, sempat tertinggal perburuan gelar di awal musim oleh City, akhirnya memimpin di pertengahan musim. Sudah sempat unggul 8 angka, akhirnya dikangkangi City di akhir musim dengan hanya selisih 8 gol. Sebenarnya pesta anti galau dimulai saat mencukur Arsenal 8-2, sebuah rekor kemenangan tersendiri atas Arsenal. Namun galau mulai menghampiri saat dicukur 1-6 oleh City di Old Trafford, sangat memalukan!

Puncak galau sepertinya akan terjadi saat pertandingan terakhir liga Inggris malam nanti. United akan tandang ke kandang Sunderland, dan City menjamu QPR. Harapan juara dan tidak galau bagi MU masih ada walaupun sulit. United masih bisa juara jika menang dan City kalah atau seri. Pun jika City menang dengan satu gol, United harus menang 10 gol agar dapat mengunci gelar. Butuh keajaiban memang, namun keajaiban senantiasa ada di Sepak Bola.

Kalau United gagal mempertahankan gelar liga Inggris edisi musim 2011-2012 ini, mungkin akan menjadi musim tergalau MU, mengapa?

1. Gagal mengangkat piala EPL gara-gara selisih gol. Ini yang menyakitkan, biasanya gagal juara karena selisih point saja. Dan penyesalan “hanya” menang dengan selisih 1 gol dari tim lemah akan lebih terasa di akhir musim karena City memanfaatkan betul momen membabat habis tim-tim lemah dengan skor mencolok.
2. Tetangga berisik (Manchester City) juara setelah 44 tahun bakal mengusik ketenangan United. Semua boleh juara Liga Inggris, asal bukan Liverpool dan Manchester City.
3. Gagal 20 kali juara liga Inggris, batal CHAMP20NS, harus bersabar di musim depan. Bisa-bisa dikejar Liverpool dengan 19 gelar juara.
4. Tidak ada trophy apapun musim ini.

Masih ada harapan, semoga malam nanti berakhir klimaks, tidak galau lagi. GGMU!!!

Advertisements

One thought on “2011-2012, Musim Galau MU

  1. iya neeh, teman saya seorang fans berat MU juga galau total, sempat sms beberapa kali bergalau ria tentang kekurangsuksesan MU merebut gelar juara taun ini. tapi menurut saya, MU adalah tetap tim legenda penuh prestasi, tetap semangat juga buat Opa Sir Alex 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s