Semangat 70 Tahun Daeng Ucu’

70 Tahun JK
70 Tahun JK

Jusuf Kalla (JK) Lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Propinsi Sulawesi Selatan 70 tahun silam (15 Mei 1942). JK adalah anak ke-2 dari 17 bersaudara dari pasangan Haji Kalla dan Athirah. Nama Haji Kalla tak asing di kalangan Bugis-Makassar, beliau adalah pengusaha keturunan Bugis yang memiliki usaha Kalla Group yang memiliki beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri. Tahun 1968, JK menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari awalnya bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang usaha perhotelan, konstruksi, penjualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi.

Berikut Profil Pendidikan, Pengalaman Organisasi dan Karir Politik JK:
Pelajar Islam Indonesia (PII) Cabang Sulawesi Selatan (1960 – 1964)
Ketua HMI Cabang Makassar (1965-1966)
Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Hasanuddin -UNHAS (1965-1966)
Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (1967)
Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia -KAMI (1967-1969)
The European Institute of Business Administration, Perancis (1977)
Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan.
Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNHAS
Menteri Perdagangan Republik Indonesia ke-27 (26 Oktober 1999 – 24 Agustus 2000)
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia ke-9 (9 Agustus 2001 – 22 April 2004)
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Desember 2004 – 9 Oktober 2009).
Wakil Presiden RI yang ke-10 (20 Oktober 2004 – 20 Oktober 2009)
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) periode 2009 – 2014
Doktor Honoris Causa dari UNHAS (10 September 2011)

JK menikah dengan Hj. Mufidah Jusuf tahun 1967, dan dikaruniai seorang putra dan empat putri, serta sembilan orang cucu.

Sebagai pengusaha sukses berusia 70 tahun, Jusuf Kalla telah menjadi legenda dalam dunia bisnis. JK sejajar dengan Jacoeb Oetama (80 tahun) pendiri Kompas-Gramedia Group, Ciputra (80 tahun) pendiri Grup Ciputra, Boenyamin Setiawan (78 tahun) pendiri Grup Kalbe Farma, dan beberapa tokoh pengusaha lainnya. Sama seperti legenda lainnya, meskipun sudah tua, JK masih aktif mengikuti perkembangan bisnisnya yang kini dikelola generasi ketiga. Kalau dihitung sejak JK mewarisi bisnis ayahnya Hadji Kalla hingga sekarang, JK sudah berbisnis selama 45 tahun. Dari situ, JK hidup dan menghidupi banyak orang

Dari profil sejarah singkat tersebut dapatlah kita lihat sejarah keemasan seorang anak manusia asal SulSel. Sungguh beruntung beliau hidup di dunia bergelimang sukses. Konon, beliau juga adalah seorang muslim yang taat.

JK berkata: “Hidup saya ini selalu berjenjang. Waktu mahasiswa, saya mulai dari anggota kemudian sekjen, kemudian bendahara dan terakhir sebagai Ketua.” “Di perusahaan, saya mulai dari karyawan, kemudian naik jadi manajer, kemudian Direktur Utama dan terakhir Komisaris.” “Di pemerintahan, saya menjadi menteri, kemudian menko, kemudian wakil Presiden. Cuma satu yang kurang. Sekiranya jadi Presiden, lengkap betul hidup ini.”
Di Usianya yang senja, apa rahasia JK tetap energik? “Saya begini karena bekerja keras tapi rileks, tentunya diiringi dengan keikhlasan.”, katanya.

Semangat 70 tahun Daeng Ucu’, semoga terus menginspirasi Nusantara. Semoga sehat dan sukses selalu, Salama’ki’.

Catatan :
Hari ini akan ada peluncuran buku ”Biografi 70 Tahun Jusuf Kalla” di hotel Dharmawangsa Jakarta.
Tentang JK : http://www.mediakalla.com/?p=1384

Advertisements

2 thoughts on “Semangat 70 Tahun Daeng Ucu’

  1. Saya terkesan oleh video dalam situs kampanye JK 2009. Ada sejumlah trivia yang kuat dan humane. Misalnya JK tak pernah mencampuri urusan penamaan cucu — sebagai seorang datuk dia demokratis.

    Disebut juga, JK belajar renang setelah dewasa dari buku — sebagai orang bahari ini aneh tapi dia tak malu mengakui; di sisi lain ini menunjukkan bahwa dia adaptif dan siap belajar.

    Lalu ini: JK sepulang kerja ganti kaos dan sarung lalu nonton TV sambil minum susu — dia manajer yang baik, tahu kapan bersantai dan menikmati waktu pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s