The Blues Chelsea Juara Liga Champions 2011-2012

Tampil mendominasi nyaris di sepanjang laga, Bayern Munich akhirnya kalah lewat adu penalti. Kekalahan itu pun digambarkan seperti mimpi buruk dan film yang jelek. Bayern yang terus menerus membombardir gawang Chelsea sempat unggul berkat sundulan Thomas Mueller di menit ke-83. Setelah mencetak gol, Mueller digantikan Daniel van Buyten dan harus melihat gawang timnya dibobol balik dari pinggir lapangan. Berawal dari sebuah sepak pojok yang dieksekusi Juan Mata, Didier Drogba sukses menanduk bola ke arah tiang dekat dan menaklukkan Manuel Neuer. Gol di menit ke-87 itu membuat skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai babak kedua selesai. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Bayern sempat mendapatkan penalti ketika Drogba melanggar Franck Ribery, tetapi eksekusi yang dilakukan oleh Arjen Robben gagal. Setelah tak ada gol tambahan tercipta, laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Penendang pertama Philip Lahm berhasil membuat Bayern unggul 1-0 karena setelahnya Juan Mata gagal mengeksekusi penalti. Setelahnya, Ivica Olic dan Bastian Schweinsteigr gagal. Sementara Drogba yang menjadi penendang terakhir Chelsea berhasil mengeksekusi penaltinya dengan baik. ‘Si Biru’ pun tampil sebagai juara baru.

Beberapa fakta menarik mengenai hasil final liga Champions ini :

> Chelsea adalah klub London pertama yang berhasil memenangi kompetisi Liga Champions.

> Selain Chelsea, ada lima tim ibukota lainnya yang berstatus juara Eropa yaitu Real Madrid (9), Ajax Amsterdam (4), Sporting Lisbon (2), Steaua Bucharest (1), dan Red Star Belgrade (1).

> Chelsea menjadi tim kedua yang memenangi Liga Champions ketika kota markas mereka menjadi tuan rumah Olimpiade – London adalah penyelenggara event tersebut pada 27 Juli-12 Agustus. Sebelumnya adalah Barcelona pada tahun 1992

> Inter Milan adalah tim terakhir yang memenangi Liga Champions di kandang sendiri pada tahun 1965. Sejak saat itu, belum ada tim yang berhasil melakukannya. AS Roma gagal di tahun 1984 dan Bayern Munich juga sial di 2012.

> Chelsea adalah klub kedua yang berhasil memenangi gelar Piala FA dan Liga Champions pada musim yang sama. Klub pertama yang melakukannya adalah Manchester United saat meraih treble winners musim 1998/1999.

> Untuk kali ke-10, seorang manajer Italia memenangi Liga Champions, melebihi 9 kemenangan manajer asal Spanyol. Roberto di Matteo adalah manajer Italia pertama yang berhasil meraihnya dengan klub asing di luar Italia.

> Untuk pertama kalinya Bayern kalah dalam adu penalti di Liga Champions. Pada empat adu penalti yang pernah dijalani, mereka selalu menang.

> Bayern bergabung dengan AC Milan dan Juventus, sebagai klub-klub yang pernah kalah di tiga final Liga Champions dalam kurun waktu 1992-2012.

> Thomas Mueller menjadi pemain Jerman pertama yang mencetak gol di final Liga Champions sejak Stefan Effenberg di tahun 2001.

> Didier Drogba menjadi pemain Afrika ketiga yang mencetak gol di final Liga Champions setelah Rabah Madjer (Aljazair) bersama FC Porto di tahun 1987, dan Samuel Eto’o (Kamerun) pada tahun 2006 dan 2009 bersama Barcelona.

> Chelsea tidak pernah gagal lolos ke Liga Champions sejak Roman Abramovich mengambil alih kepemilikan di Stamford Bridge pada Juni 2003.

> Ini adalah pertandingan Liga Champions ke-100 untuk Chelsea sejak dipimpin Abramovich. Sejak itu, tidak ada tim lain yang telah memainkan lebih dari 91 pertandingan Liga Champions. Hanya satu tim yang berhasil mengalahkan raihan 180 poin milik Chelsea dari pertandingan sebanyak itu, yakni FC Barcelona, yang berhasil mengemas dengan 190 poin dari 91 pertandingan.

> Arjen Robben gagal mengeksekusi penalti di perpanjangan waktu. Dia juga pernah gagal melakukannya saat Chelsea menghadapi Liverpool di semifinal Liga Champions 2007.

> Ashley Cole adalah pemain ketiga yang mengalami kegagalan di dua final Liga Champions pertamanya sebelum memenangi final yang ketiga. Final pertamanya adalah bersama Arsenal di tahun 2006. Kedua pemain lain adalah Velibor Vasovic dan Zinedine Zidane.

> Untuk kali ke-10 di sejarah Piala Champions (dan kali keenam di era Liga Champions), final ditentukan lewat adu penalti.

> Fernando Torres telah memenangi gelar bergengsi pertama di tingkat klub dalam kariernya, dengan catatan bila Piala FA tidak dihitung. Jika dihitung, maka Torres memenangi dua gelar dalam waktu 15 hari.

> Pemain Chelsea, Ryan Bertrand adalah pemain pertama yang melakukan debut pertamanya di final Liga Champios, tetapi bukan pemain pertama yang melakukan debutnya di Eropa untuk pertama kali di final Liga Champions. 30 tahun lalu, Nigel Spink membuat debut Eropa pertama bagi Aston Villa di final Liga Champions, yang dimenangi Aston Villa saat melawan Bayern Munich. Tiga tahun sebelumnya, Trevor Francis juga mengawali debutnya dan mencetak gol di final tahun 1979 ketika Nottingham Forest mengalahkan Malmo dengan skor 1-0.

> Bastian Schweinsteiger adalah pemain tercepat yang di kartu kuning pada final Liga Champions, yakni di menit kedua.

> Kemenangan dramatis Chelsea di Munich adalah kemenangan keempat klub asal Inggris di era Liga Champions. Kini jumlah kemenangan mereka di final Liga Champions cuma kalah dari Spanyol. Jika Spanyol sudah 13 kali, Inggris menyamai Italia dengan 12 kali.
Berikut daftar jumlah klub peraih Liga Champions berdasarkan negara asal:
13 – Spanyol
12 – Inggris, Italia
6 – Jerman, Belanda
4 – Portugal
1 – Prancis, Rumania, Skotlandia, Serbia

> Chelsea menjadi tim ke-22 yang menorehkan namanya di trofi bergengsi kejuaraan antarklub benua biru tersebut. Berikut daftar juara di Liga Champions
9 kali- Real Madrid CF (ESP)
7 – AC Milan (ITA)
5 – Liverpool FC (ENG)
4 – AFC Ajax (NED), FC Bayern Munich (GER), FC Barcelona (ESP)
3 – FC Internazionale Milano (ITA), Manchester United FC (ENG)
2 – SL Benfica (POR), Juventus (ITA), Nottingham Forest FC (ENG), FC Porto (POR)
1 – Celtic FC (SCO), Chelsea FC (ENG), Hamburger SV (GER), FC Steaua Bucuresti (ROU), Olympique de Marseille (FRA), Feyenoord (NED), Aston Villa FC (ENG), PSV Eindhoven (NED), FK Crvena zvezda (SRB), Borussia Dortmund (GER)

> Chelsea, yang dikalahkan melalui adu penalti oleh MU di final 2008, adalah tim kesepuluh yang lebih dulu menjadi runner-up kemudian bisa juara. Yang terakhir membuat catatan itu adalah Borussia Dortmund di tahun 1997.

Selamat buat Chelsea. Benua biru dan ranah Inggris diselimuti warna BIRU tahun ini, semoga berubah MERAH musim depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s