Sehat Itu Murah

Sehat adalah adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
WHO

Menurut saya Sehat itu murah kalau kita jaga dan mahal jika ingin diraih. Contoh kecilnya, saya sekarang ini sedang sehat, tidak sakit. Untuk menjaganya sangat mudah dan murah, ya jangan sakit. Sesederhana itu. Caranya pun ada dan murah. Agar tetap sehat yang tidak perlu mengeluarkan biaya (saya kutip dari detikhealth) antara lain :

1. Bersosialisasi
Sebuah studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria berusia 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung.

2. Menarik napas dalam
Studi dari Health Psychology menemukan bahwa orang dewasa sehat dengan tingkat kebencian atau tidak sabar memiliki fungsi paru-paru yang rendah. Para peneliti berpikir bahwa penurunan nilai tersebut akan terakumulasi secara bertahap selama bertahun-tahun hingg akhirnya merugikan kesehatan. Untuk mengatasinya, sering-seringlah menarik napas dalam dengan hitungan 10 kali. Hal ini bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi paru-paru.

3. Berjemur sinar matahari
Sebuah studi baru-baru ini dipimpin oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria yang memiliki kadar vitamin D yang rendah dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung. Dengan mandi atau berjemur matahari di bawah jam 10 pagi atau setelah jam 15 (jam 3 sore) bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit mematikan tersebut.

4. Berhubungan seks yang sehat
Penelitian dari Wilkes University menunjukkan bahwa berhubungan seks sehat sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan level imunoglobulin A, yaitu sebuah antibodi yang melindungi tubuh terhadap flu dan infeksi lainnya.

5. Tidur yang cukup
Peneliti Stanford menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari, memiliki indeks massa tubuh atau BMI yang berbanding terbalik dengan durasi tidur. Dengan kata lain, orang dengan waktu tidur pendek lebih cenderung untuk menjadi gemuk. Tidur dengan waktu singkat juga terkait dengan rendahnya tingkat leptin (hormon yang menekan nafsu makan) dan tingkat ghrelin lebih tinggi (zat kimia yang merangsang nafsu makan). Inilah yang menyebabkan orang yang kurang tidur menjadi lebih banyak makan.

6. Olahraga dan bergerak
Melakukan olahraga yang tidak mengeluarkan biaya seperti jogging atau jalan kaki sudah bisa membuat tubuh Anda sehat dan mencegah menumpuknya lemak dan kalori.

Cukup mudah bukan? Nah bagaimana jika terlanjur sakit? Untuk dapat sehat kembali jauh lebih mahal dibanding kita menjaga kesehatan. Contohnya beberapa waktu lalu ketika saya sakit tipes, biaya untuk sembuh kembali tidak semurah jika saya harus menjaga kesehatan, butuh biaya pemeriksaan lab, pengobatan, dan rehabilitasi, belum lagi saya mesti tidak ngantor selama satu minggu, sungguh tidak produktif.
Nah hari ini saya kurang enak badan (my body not delicious kata pak Budi), mungkin karena ke Mallawood kemarin pulangnya hujan-hujanan. Untuk menjaga agar tetap sehat (alias sakit tidak tambah parah) saya memilih minta izin tidak ngantor hari ini. Sehari tidak bekerja untuk tetap sehat adalah pengorbanan yang cukup adil. Semoga saya tidak sakit yang lain.

Advertisements

One thought on “Sehat Itu Murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s