Ketika Ponsel Blackberry Sedot Pulsa

Pernahkah pulsa anda hilang dengan sendirinya tanpa tahu penyebabnya di smartphone (atau tepatnya ponsel) BLACKBERRY anda? Ataukah ponsel merk lain anda (Nokia, Samsung, atau merk lainnya) juga demikian? Minggu lalu, dan terakhir tadi malam hal itu menimpa saya. Setelah mengutak-atik ternyata NETWORK SETTING BLACKBERRY penyebabnya.

Memang seminggu ini saya tidak mengaktifkan Blackberry Internet Service (BIS) BB saya karena kantong lagi malas isi pulsa. Selain itu, BBMan saya rasa tidak terlalu penting. Untuk ngenet saya memilih memakai fasilitas modem kantor atau jaringan wifi di rumah (mertua).

Jadilah saya menggunakan ponsel Blackberry hanya untuk SMSan murah. Fungsi lain BB seperti browsing, ngeblog, dan sosial media (kecuali BBM) diaktifkan kalau dapat signal hotspot wifi gratis.

Masalahnya mulai terjadi minggu lalu, pulsa kartu perdana Mentari saya ludes, habis, hilang, lenyap entah kemana. Memang sih isinya “hanya” 2400 rupiah, namun tanpa pemakaian yang jelas membuat saya membatin juga. Apalagi, pulsa 2400 rupiah untuk SMSan sesama Mentari (dengan istri) saya rasa cukup untuk 24 hari!! Dengan hitungan 100 rupiah per hari. Promo tarif SMS Mentari Indosat yang kirim 2 SMS gratis 10 SMS perhari (total 12 SMS perhari) yang harga per SMS 50 rupiah, dan estimasi SMS saya perhari rata-rata 10 SMS memungkinkan hal ini terjadi. Sangat pelit hemat bukan?

Namun kasus tersedotnya pulsa di Blacberry ini mengacaukan segala rencana dan hitung-hitungan saya. Setelah utak-atik, ternyata koneksi otomatis ke Internet adalah penyebabnya. Apabila kita tidak mendaftar BIS Full Service, sisa pulsa akan dilahap oleh koneksi internet otomatis BB. Makanya, fungsi koneksi internet otomatis BB harus dinonaktifkan. Caranya :

Masuk ke OPTIONS
Pilih NETWORK AND CONNECTIONS
Pilih MOBILE NETWORK – Change mobile network settings
Data Service : OFF
While Roaming : OFF

Network and Connections BB
Network and Connections BB
Mobile Network Setting
Mobile Network Setting
Data Services
Data Services

Dengan settingan ini, anda bisa menggunakan BB untuk SMS dan telepon tanpa tersedot pulsa oleh koneksi internet. Namun jika anda “ketemu” wifi gratis dan mau konek dengan internet lewat wifi, jangan lupa ubah kembali settingannya menjadi :

Data Service : ON
While Roaming : OFF

Jangan lupa juga menonaktifkan MOBILE NETWORK nya agar koneksi internet tidak berebut antara jaringan wifi dengan mobile. Tapi, dengan settingan ini fungsi telepon dan SMS ponsel BB tidak diaktifkan. Saya memilih settingan ini daripada pulsa saya tersedot, lagian telepon dan SMS saya batasi hanya dengan istri. Karena “Lupa setting”, kasus tersedotnya pulsa kembali terjadi tadi malam, wifi dan jaringan mobile sama-sama aktif, jadilah pulsa Mentari saya raib sekitar 3000an rupiah.

Mungkin demikian juga kasusnya jika menggunakan ponsel, atau dengan kata lain umumnya ponsel akan konek ke internet otomatis dengan sendirinya jika tidak disetel ulang, karena ponsel sekarang semakin canggih, banyak fitur yang konek langsung internet saat ponsel diaktifkan. Untuk itu, agar pulsa tidak tersedot, setting ulang koneksi internet anda. Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Ketika Ponsel Blackberry Sedot Pulsa

  1. waduh ini persis banget sama yang ane alamin, ane bingung sampe gunta ganti nomer tetep aja tersedot. ane lagi coba tips agan semoga tidak tersedot lagi 😀

  2. ko pas ane ganti ane jd g bisa BBM pke whatsup ma yg lain’a y gan? trs cara pake’a gmna kalo biar ttp bsa pake tp pulsa g ksdot.. mslah’a ane jg sring bgt ni ilang pulsa gini. 😦

    1. kalau daftar BIS paket full service gak usah ganti settingannya.. Ini hanya berlaku bagi yang ingin aktifkan Telepon dan SMS saja.. kalau tersedot pulsa walaupun sudah daftar BIS full service, biasanya ada aplikasi terbuka yang tetap nyedot pulsa, YOUTUBE contohnya..

Leave a Reply

