Aturan Head to Head Euro 2012, Yunani Depak Rusia!!!

Pertandingan terakhir grup A Euro 2012 baru saja berakhir. Hasilnya adalah Ceko ditemani Yunani lolos ke fase knock out. Menariknya adalah, Ceko di pertandingan awal dibantai Rusia sehingga di klasemen akhir defisit 1 gol.
Berikut ini hasil pertandingan grup A:
– Polandia vs Yunani (1-1)
– Rusia vs Ceko (4-1)
– Yunani vs Ceko (1-2)
– Polandia vs Rusia (1-1)
– Ceko vs Polandia (1-0)
– Yunani vs Rusia (1-0)

Dari hasil pertandingan tersebut, inilah klasemen akhir grup A:

Peringkat – Negara – Main – Menang – Imbang – Kalah – Memasukkan – Kemasukan – Defisit Gol – Poin
1. Ceko. 3 2 0 145-16
2.  Yunani31113304
3.  Rusia 31115324
4.  Polandia302123-12

Yunani dan Rusia sama-sama memiliki poin 4, namun Rusia lebih baik dalam hal defisit gol. Walaupun demikian, aturan fase grup Euro 2012 meloloskan Yunani ke babak selanjutnya karena menang head to head atas Rusia. Bagaimana aturan lengkap sebenarnya?

Bagi tim-tim yang bernilai sama di dalam grup maka penentuan posisi TIDAK LANGSUNG berdasar selisih gol. Berdasarkan peraturan UEFA yang ditetapkan sebelum Euro dimulai, tim-tim yang bernilai sama akan ditentukan posisinya dengan :

1. Total nilai pertandingan grup.
2. Jika poin sama, maka lihat Head to Head. Misal jika ada tim A dan B bernilai sama di akhir, tapi tim A pernah mengalahkan B, maka tim A yang diposisikan di atas walaupun secara selisih gol total pertandingan B lebih baik. Contoh lain : jika ada 3 tim bernilai sama di akhir, misal tim A, B, dan C; lalu B pernah mengalahkan A dan C sedangkan C pernah mengalahkan A, maka posisi akhirnya adalah B di peringkat teratas, diikuti C, lalu baru A.
3. Jika Head to Head sama (contoh :  A, B, C nilai akhir sama-sama 4,  tapi A pernah menang dari B tapi kalah dari C; sedangkan B pernah kalah dari A tapi menang dari C; atau C pernah menang dari A tapi kalah dari C) maka yang diperhatikan selanjutnya barulah selisih gol dalam pertandingan antara ketiga tim tersebut. (perhatikan : hal ini tak sama dengan selisih gol total karena dalam hal ini tak mengikutsertakan selisih gol yang didapat dari menghadapi tim lain yang nilainya tak sama yang dalam contoh ini misalnya tim D).
4. Jika hasilnya masih sama juga, maka yang dihitung adalah jumlah gol yang berhasil dicetak dalam pertandingan di antara ketiga tim itu saja.
5. Jika masih sama lagi, barulah diperhatikan jumlah selisih gol normal yang didapat dari semua pertandingan di dalam grup tersebut, sebagaimana yang biasa terpajang di posisi klasemen.
6. Lalu jika ternyata masih sama lagi, maka diperhatikan siapa yang mencetak lebih banyak gol untuk semua pertandingan di grup.
7. Jika masih sama, maka yang diperhatikan adalah nilai negara dalam ranking UEFA.
8. Jika masih sama, yang diperhatikan adalah tim mana yang lebih fair play
9. Kalau masih sama juga, baru diundi.

Sudah jelas Yunani berhak lolos ke putaran perempat final menemani Ceko. Saya cukup simpati pada Rusia yang tidak lolos walaupun membantai juara grup Ceko. Sungguh dramatis.

Selamat buat tim kuda hitam favorit saya, Ceko, sepertinya akan melawan kuda oranje favorit saya di perempat final. Maju terus!!!

Copasan: http://horizonwatcher.blogdetik.com/2012/06/16/hitung-hitungan-pertandingan-terakhir-grup-dan-peluang-lolos-perempatfinal-euro2012/

Advertisements

5 thoughts on “Aturan Head to Head Euro 2012, Yunani Depak Rusia!!!

  1. Saya juga pusing.. tapi untunglah aturan ini sudah banyak diadaptasi di pertandingan resmi, aturan ini sangat fair.. contohnya tadi malam, saat timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal sea games, berkat menang head to head atas Myanmar, padahal kalau lihat selisih gol, Indonesia mesti menang dengan skor minimal 5-0… hidup head to head.. ehh, Indonesia…

  2. Terus terang saya pusing banget dengan aturan semacam itu..mendingan 3x menang saja..gak ribet…bravo totti..forza italia..!!!

  3. iyaaa… walaupun defisitnya lebih besar tapi kalau pernah ketemu dan dia bisa memang dari lawan tetep bisa masuk yak.. aaahh ternyata rusia tidak bisa jadi kuda hitam deh 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s