Hari Ini (Belum) Puasa

Walaupun telah ada yang mengklaim hari ini adalah 1 Ramadhan, hari ini saya belum berpuasa, mengikut pemerintah yang menetapkan 1 Ramadhan 1433 Hijriyah jatuh pada tanggal 21 Juli 2012, besok.

Walapun 1 Ramadhan versi pemerintah baru jatuh besok, namun hari ini suasana puasa sudah sangat terasa. Panas terik matahari sangat terasa hingga kerongkongan mengering. Sarapan pisang goreng dan teh manis hangat pagi tadi sudah tidak mempan, perut buncit ini sudah mendesak untuk diisi. Karakter hari ini yang terik, ditambah sayup-sayup tadarusan seperti karakter siang hari puasa Ramadhan.

Di kantor, walaupun kantor pemerintah, sebagian kecil PNS termasuk atasannya atasan saya sudah berpuasa hari ini. Ya, beliau adalah follower Muhammadiyah. Nasi rantang untuk makan siang pun sudah disetop hari ini, kemarin si juragan rantang tidak ke pasar membeli bahan makanan untuk hari ini, takut rugi jikalau banyak yang puasa hari ini, katanya.

Di jalan, semua warung makan termasuk warung coto favorit saya sudah tidak buka sejak pagi. Hidangan coto Maros, habis, kata tulisan di pintu warung.

Coto Maros Habis
Coto Maros Habis

Shalat Jumat hari ini seperti biasa, di Masjid Agung Maros yang selalu ramai oleh pedagang apalagi saat Ramadhan. Mungkin seperti ini juga di Masjid lain, ramai oleh pedagang. Di depan ramai berjualan, padahal kondisi Masjid masih jauh dari layak, masih perlu pembenahan sana-sini agar jamaah nyaman beribadah. Lihat saja lantainya yang masih dibalut terpal bekas berwarna-warni. Anda tertarik untuk menyumbang pembangunan Masjid ini? Saya sudah, walaupun harga tiket masuk surga tidak senilai 5000 rupiah.

Tampak Depan Masjid Agung Maros
Tampak Depan Masjid Agung Maros
Belanja Pakaian di depan Masjid
Belanja Pakaian di depan Masjid
Masjid Agung Maros Tampak Dalam
Masjid Agung Maros Tampak Dalam

Bisa ditebak, tema khutbah Jumat hari ini adalah soal polemik penetapan 1 Ramadhan, dan itu bisa dimaklumi, bahkan perbedaan itu dianggap sebagai Rahmat.

Advertisements

One thought on “Hari Ini (Belum) Puasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s