Penyebab Ketindihan, Lumpuh Saat Tidur

Hampir semua orang pernah mengalami perasaan kelumpuhan tidur. Kondisi ini sangat mencekam, setengah sadar tidak dapat bergerak dan berbicara. Ada yang menganggap kelumpuhan disebabkan ditindih makhluk gaib, makanya diistilahkan dengan nama ”ketindihan”.

Menurut teori dosen saya, ketindihan disebabkan tertekannya saraf di bagian belakang kepala saat tidur. Namun teori terkini penyebabnya adalah senyawa tidur. Saat tidur ada senyawa aktif yang mencegah kita bergerak aktif saat tidur. Saat hendak terjaga, kadang otot-otot tubuh yang harus digerakkan secara sadar belum bisa merespons perintah dari otak karena jalur komunikasi melalui saraf masih dilumpuhkan sementara. Disitulah perasaan ketindihan terjadi.

Kalau ketindihan, sabarlah. Otak butuh proses juga.

6 thoughts on “Penyebab Ketindihan, Lumpuh Saat Tidur

  1. jadi malu sendiri,, hehehehee
    saya klo abis ketindihan langsung marah2 mo ngejar setan yg berani nindih,,, eh taunya respon aja yang blm siap bergerak, heheheee

  2. saya tindihan sudah 10X lebih
    kadang perut saya merasa di duduk’i orang
    kadang mendengar suara bisikan orang
    kadang merasa di jawil2 dari belakang (saat posisi miring)
    kadang kaki serasa di gigit orang
    kadang perut serasa dipukul
    kadang serasa tersedot magnet dari kasur
    kadang juga mimpi terasa sampai terbangun dan ga isa gerak
    misal mimpi tertabrak pilar bangunan sesudah bngun terasa perut seperti dipukul beneran

  3. saya sering mengalami ketindihan..dan sering saya mendengar suara2 yang aneh ..trkdng sy mendngar suara orang mengaji,bahkan mengaung…saya masih bingung dengan pendapat2 itu

Leave a Reply

