Batas Uang Tak Laku

Pagi tadi saya ke B** membayar kredit pinjaman dengan selembar uang sobek seperti ini.

Sebelum membayar saya tanyakan ke teller “bisa tidak saya bayar pakai uang ini?”, sambil menunjukkan kecacatan uang.
Teller: “Tunggu sebentar pak yah, saya tanya dulu”. Beberapa saat kemudian, dia keluar bersama pimpinannya.
Boss: “Maaf pak, uang ini tak bisa dipakai (alias tidak laku), nomor serinya ikut sobek, cari pasangannya pak”
Saya: “oh iya tidak apa-apa”, sambil mengeluarkan uang terakhir di dompet dan menyimpan uang sobek tadi.

Saya tidak perhatikan, selain di sudut kanan atas, ada juga nomor seri uang di ujung kiri bawah. Andai saya lebih teliti.

2 thoughts on “Batas Uang Tak Laku

  1. Iya Mas, dulu waktu masih kerja di cabangnya bank sih sering nerima kayak gini. Tapi seinget saya dulu, kalo ada yang pake uang rusak, kami telpon BI untuk info dan ternyata kata orang BInya disuruh terima. Mungkin beda perlakuan kali ya.. Oiya, catatan : selama uangnya asli dan sobekannya lebih dari 70% masih diterima. Seinget saya sih gitu Mas..

Leave a Reply

