Arti Sebuah Nama

My Name Is
My Name Is

Di suatu kota, hiduplah seorang PNS, sebutlah namanya Idrus. Sebagai PNS, dia mesti masuk kantor, ada atau tidak ada kerjaannya di kantor. namun tidak demikian dengannya, dia sangat jarang masuk kantor, namun sebagai gantinya Idrus disuruh membuat apa saja, mulai dari makelar proyek hingga membuat sumur. Tak ada teman kantornya yang protes, tokh kalau dia ke kantor entah “kerjaan administratif” apa yang diberikan padanya karena hanya lulusan SMP. Daripada “mengganggu” kerjaan utama kantor, mending difungsikan lain.

Idrus sangat rajin (dalam hal mengurus proyek dan kerja teknis), tanpa disuruh si boss pun dia langsung berkeliaran. Namun setelah bekerja dia pasti meminta fulus, jatah pekerjaan proyeknya. Karena seringnya meminta fulus, orang-orang kemudian memplesetkan nama panggilannya menjadi Paulus. Secara de yure namanya Idrus, namun de facto namanya Paulus. Pegawai baru pun hanya mengenal Paulus, bukan Idrus. Bahkan pejabat-pejabat baru demikian, memanggilnya Paulus (padahal di Absen Idrus).

Idrus, identik dengan nama Islam, sedangkan Paulus identik dengan nama Nashrani, itu dia masalahnya (atau entah dianggap anugerah bagi si empunya nama). Dia tidak peduli, dipanggil Paulus pun dia tetap menoleh, apalagi dipanggil Idrus. Lebaran Idul fitri tiba, tak sedikit yang memberinya THR untuk merayakan idul fitri baik berupa barang maupun mentahnya, resmi ataupun tidak. Yang memberi adalah pejabat lama yang mengetahui nama aslinya IDRUS atau pejabat baru yang melihat daftar hadir. Jatah THR nya tetap melimpah. Natal tiba, tak sedikit pula yang memberinya ucapan selamat Natal, ini bagi yang mengenalnya dengan nama PAULUS. Semua ucapan selamat (apalagi kado natal) tetap Paulus terima, tak mau mengecewakan fansnya. Apalah arti sebuah nama? Bagi Idrus alias Paulus tentu saja sangat berarti, bukan sekedar dua ekor kambing seminggu setelah kelahirannya.

Advertisements

3 thoughts on “Arti Sebuah Nama

  1. Pemberian gelar kepada seseorang karena perbuatan yang biasa dilakukannya memang bisa membuat sulit bagi seseorang untuk berubah. Apalagi nama itu seperti sebuah stempel, nempel, susah untuk dihapus apalagi di ubah.

    So, menurut hemat saya, kita harus pandai2 menjaga perbuatan dan kelakukan kita…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s