Menyimpan Data Secara Online di Dropbox

DROPBOX

Data komputer adalah sesuatu yang (sangat) penting (dalam pekerjaan) dan penyimpanannya membutuhkan keamanan, privasi, dan kemudahan dalam hal penggunaannya. Hard disk komputer adalah tempat penyimpanan data utama dan turunannya adalah tempat penyimpanan data berbentuk portable seperti hard disk eksternal ataupun flashdisk. Keterbatasan dari menyimpan data secara konvensional ini adalah kerusakan hard disk atau flashdisk karena uzur atau terkena virus, bisa juga karena hilang tercecer atau dicuri orang secara fisik.

Era internet sekarang ternyata sudah ada banyak wadah penyimpanan data secara online (halooo, saya kemana saja selama ini baru tahu soal ini?), salah satunya adalah DROPBOX. Selain punya kelebihan dalam hal kepraktisan (tanpa perlu membawa flashdisk), kekurangan menyimpan data secara online tentu ada antara lain soal keamanan (yang walaupun si empunya situs menjamin keamanannya, belum tentu beberapa atau puluhan tahun kedepan, siapa yang menjamin data kita bakal aman disana saat menginjak usia kakek-kakek nanti?).

Tertarik mencoba menyimpan file secara online, saya sudah memiliki akun DROPBOX. File yang saya simpan adalah file kantor yang tidak terlalu sensitif jika pun akhirnya hilang. Kapasitas penyimpanan gratis hingga 2GB, namun versi berbayarnya kita dapat simpan data hingga 100GB. Telah saya integrasikan juga dengan komputer kantor karena lebih mudah mengintegrasikan di komputer dibanding upload langsung di situsnya. File pun harus disalin secara manual di hard disk komputer. Ada beberapa situs serupa penyimpan data secara online antara lain Google Drive, Rapidshare, Ziddu, Mediafire, dan banyak lainnya. Namun sebagai awal memecah kegaptekan, saya menggunakan DROPBOX ini. Tertarik mencoba? Atau ada yang bersedia membagikan pengalaman menggunakan DROPBOX?

Advertisements

2 thoughts on “Menyimpan Data Secara Online di Dropbox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s