Bukan Dompet Saya

Malam tadi kami berkesempatan menjejak hotel Grand Celino Makassar. Kantor istri saya menggelar hajatan di hotel ini besok, istri mesti nginap mempersiapkan segala halnya. Hotel baru, namanya pun masih asing ditelinga saya. Di jalan Lanto daeng Pasewang, berdekatan dengan hotel Bumi Asih dan Sahid Makassar. Hotelnya lumayan bagus, bersih.

Begitu masuk, kami menunggu sebentar di lobi. Begitu mau duduk, mata saya tertuju pada sebuah benda di atas kursi, dompet! Pikiran saya melayang, antara otak setan dan malaikat. Ambil tidak yah? Saya duduki dompet tersebut, berharap tak ada yang lihat. Saya berpikir keras! Setan membisiki “kamu butuh uang, utangmu numpuk, kartu kreditmu mencekik, rumahmu belum selesai di renov!!!”. Malaikat juga membisiki “mana harga dirimu?”, itu saja bisikannya yang membuat saya mengambil keputusan cepat dalam 5 detik selanjutnya. Dompet saya berikan ke istri untuk diserahkan ke resepsionis. “terima kasih bu”, kata resepsionis. Legalah saya, lepas sudah tanggungjawab.

Sekira 5 menit berlalu, seorang pria transgender berlari kecil dari lift mengarah ke saya yang masih duduk. Si empunya dompet ternyata. Tadinya saya pikir si empunya dompet sudah keluar hotel, pulang. Sebelum sampai ke saya, resepsionis menegur si transgender “ini dompetnya mas”. Dengan buru-buru si transgender mengambil si dompet, membukanya, menghitung isi dan uangnya sekitar 20an lembar seratus ribuan, lalu mengucap “terima kasih”. Apa jadinya kalau bisikan setan menang, dompet saya ambil, minimal uangnya saya klepto beberapa lembar? Habislah saya dibabakbeluri, bisa jadi di bui melebihi hukuman Angelina Sondakh. Untung bisikan malaikat saya dengar, harga diri saya masih utuh walaupun utang dimana-mana. Tapi, mungkin beda kondisi kalau yang dihadapi bukan dompet tercecer, tapi uang rakyat? Entahlah. Ya Allah, lindungi hamba-Mu yang lemah ini.

2 thoughts on “Bukan Dompet Saya

Leave a Reply

