Nasehat Orang Tua

Foto sebuah reklame di depan RSUD Daya Makassar. “Patuhi nasehat Orang Tua”, dibawahnya ditambah maklumat, “gunakan sabuk pengaman saat berkendara demi keselamatan”. Orang tua botak, berjanggut, dan bertongkat ini adalah brand dari minuman anggur, sementara disamping maklumat di bawah adalah brand polisi. Dua brand yang menurut saya bertolak belakang. Satunya brand minuman keras, satunya lagi yang ‘memberantas’ minuman keras. Terlepas dari klaim manfaat anggur kolesom bagi kesehatan, saya masih meyakini kalau ini adalah jenis minuman keras, apalagi banyak yang mengkonsumsi secara berlebih, hingga mabuk.

Mengapa keduanya seakan akur di baliho reklame ini? Tentu saja yang membuat iklan adalah anggur cap orang tua, bukan polisi. Lalu apakah polisi dibayar atas pencatutan ini? Entahlah.

Mengapa juga maklumatnya bukan “jangan pakai narkoba, apalagi mabuk di jalan, nak!”, atau nasehat yang lain?

Saya lalu membayangkan saat iklan ini tercipta. Si anggur cap orang tua bilang sama polisi “tambahkan maklumat di bawahnya pak, biar orang mabuk habis minum anggur pakai sabuk pengaman, biar selamat”. Lalu reklame dipasang di depan Rumah Sakit, pun orang mabuk yang lupa pakai sabuk pengaman bisa langsung masuk UGD.

P.S.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI no : 86/Men.Kes/Per/IV/77, yang dimaksud dengan minuman keras adalah semua jenis minuman beralkohol, tetapi bukan obat, yang meliputi : minuman keras golongan A, minuman keras golongan B, dan minuman keras golongan C. Minuman Keras Golongan A, adalah minuman beralkohol dengan kadar etanol sebesar 1% sampai dengan 5%. Contoh minumannya adalah Bir Bintang, Green sand, Anker Bir, San Miguel, dan lain lain. Minuman Keras Golongan B, adalah minuman beralkohol dengan kadar etanol sebesar 5% sampai dengan 20%. Contoh minuman golongan B antara lain Anggur Malaga, Anggur Kolesom cap 39, Anggur Ketan Hitam, Anggur Orang Tua, Shochu, Creme Cacao, dan jenis minuman anggur lainnya. Minuman Keras Golongan C, adalah minuman beralkohol dengan kadar etanol 20% sampai dengan 55%. Contoh minumannya adalah Mansion of House, Scotch Brandy, Stevenson, Tanqueray, Vodca, Brandy, dan lainnya.

Advertisements

2 thoughts on “Nasehat Orang Tua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s