Diam Bersuara, Go Ahead

Iklan rokok Sampoerna A Mild ini sering saya lihat di jalan dalam bentuk baliho, namun tak pernah sempat saya potret. Saya comot saja di google. Menurut saya iklan A Mild kreatif-kreatif. Salah satunya iklan ini, diam bersuara go ahead.

Iklan menggambarkan seorang anak muda di tepi pantai, duduk di atas karang sambil menulis di sebuah buku. Hasil tulisannya di simpan di botol yang dilarung ke laut, semacam ‘pesan dalam botol’. Tampak beberapa botol berisi kertas hasil tulisannya dibawa gelombang ke tengah laut.

Pikiran pertama saya melihat iklan ini adalah tentang sosok penulis. Namun kemudian pikiran tersebut tereduksi menjadi orang kebanyakan, tidak terbatas pada penulis saja. Bukankah hampir semua dari kita yang melek huruf adalah penulis? Ya menulis di facebook, twitter, blog, karya ilmiah, email, dan rupa rupa tempat menulis lainnya? Ya, kita semua (sekali lagi yang melek huruf) pernah menulis.

Lalu untuk siapa kira-kira sang pemuda di iklan menulis? Untuk keluarganyakah? Pacarnyakah? Atau untuk seisi dunia? entahlah, interpretasinya ada di kepala kita masing-masing. Yang jelas dia menulis!

Lalu menengok kata yang mempertegas gambar iklan, diam bersuara, saya lalu membayangkan kebanyakan dari kita hanya mampu diam, namun dengan menulis kita masih bisa ci dengar. Kalau mau memperjelas bahasanya, mungkin seperti ini. Diam tak mengeluarkan suara, namun bisa didengar.

Pertanyaannya sekarang, seberapa besar efek dari menulis agar suara kita terdengar? Teringat kasus Prita yang melawan sebuah RS swasta. Teringat juga penulis Andrea Hirata yang sekarang sudah banyak bersuara. Teringat aktivis sosial media yang cerewet di dunia online namun diam di dunia offline. Teringat saya yang juga kebanyakan bersuara disini namun sebenarnya pendiam di dunia nyata. Diam bersuara? Silahkan.

credit to: diatasbumi.wordpress.com

Advertisements

3 thoughts on “Diam Bersuara, Go Ahead

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s