Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Motor Matic Injeksi

Istri saya mendapatkan motor baru dari sang Ayah, Honda Vario Techno 125 PGM-FI. Motor matic Vario lama keluaran pertama sudah dijual kepada orang lain, jadilah motor matic injeksi honda ini penggantinya. Saya sebenarnya khawatir membiarkan istri membawa motor sendiri dalam kondisi hamil trisemester pertama. Namun tak ada pilihan lain. Semoga istri tetap kuat bawa motor sendiri.

Pilihan motornya adalah tetap motor matic Honda Vario, namun sekarang dengan embel-embel “Injeksi”. Kami memakai motor Honda Vario sejak lama, sejak keluaran pertama sekitar tahun 2007-an lalu. Banyak kisah kami lalui bersama, namun apalah daya bukan motor kami, maesti dijual karena –menurut si empunya– masa pakai motor yang sudah habis, expired, sudah lima tahun lebih. Bagaimana dengan motor injeksi? Konon motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin kalau tak mau rusak parah, namun jauh lebih irit dan ramah lingkungan, entahlah. Yang jelas setelah saya test starter, suaranya sangat halus, tidak ada suara ngorok.

Pengalaman lain adalah soal bukaan sadel dari kunci kontak, agak merepotkan pada awalnya, sulit ditutup kembali. Selain itu, body motor kelihatan bongsor, maklum helm bisa masuk ke dalam bagasi. Kapasitas tangki bahan bakar pun sungguh besar, mesti isi Rp. 22 ribu untuk memenuhkan tangki.

Spesifikasi Sepeda Motor Injeksi Honda Vario Techno 125 PGM-FI

Panjang X lebar X tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm
Berat kosong : 112 kg
Jarak Sumbu Roda : 1.281 mm
Jarak terendah ke tanah : 128 mm
Tipe rangka : Tulang Punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 5,5 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan Kompresi : 11,0 : 1
Daya Maksimum : 11.3 PS / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.1 kgf.m / 5.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Gigi Transmsi : Otomatis, V-Matic
Pola Pengoperan Gigi : –
Starter : Pedal & elektrik
Aki : 12 V – 5 A.h (tipe MF)
Busi : ND U22EPR-9, NGK CPR7EA-9
Sistem Pengapian : Full Transisterize, Baterai
Harga : Rp. 17.020.000,-

Fitur : Panel analog & digital, Lampu depan ganda, Lampu belakang agresif, Helm in 18 liter, Tangki extra besar, Kunci kontak terintegrasi, Tuas pengunci rem, Standar samping otomatis, Combi brake, DC automatic headlight on, Rak serba guna, Mesin canggih 125cc.

Bismillah….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s