Auditor Pecah Ndase

Orang dalam foto ini adalah satu dari beberapa orang auditor asing yang berkunjung siang tadi. Bukan saya yang diaudit, tapi penyelenggara proyek yang juga orang asing. Saya cuma membantu karena merupakan bagian dari proyek.

Awalnya ada “kunjungan awal” dari penyelenggara proyek, sebagai pra kondisi saat dia di audit. Melihat secara detail keberhasilan proyeknya. Kunjungan awal sekitar tiga minggu lalu, mereka datang berdua selama sekitar sejaman.

Hari ini adalah audit sesungguhnya. Menunggu sekitar dua jaman, tim audit di kantor hanya sekitar 10 menit. Mereka datang bertujuh. Tak banyak mereka tanyakan, mereka pamit setelah melihat kelengkapan fisik barang, tanpa babibu. Saya pun tidak sempat foto-foto selain foto curian diatas.

Saya bingung, kalau auditor dalam negeri atau internal, mungkin tak cukup waktu 1 jam melakukan aktivitas audit. Entahlah auditor kali ini puas atau tidak, mengerti apa yang saya katakan atau tidak, atau mengejar jadwal pesawat? Entahlah. Padahal sebelum mereka datang, saya gelisah tak bisa makan dan minum. Karena walau bagaimanapun, saya pasti tegang kalau “diperiksa”, setakbersalah bagaimanapun. Mungkin kondisi psikologis orang yang diaudit memang demikian. Bukankah tim auditor memang mencari-cari kesalahan? Entahlah.

Leave a Reply

