Dibanned WordPress, Mau?

Pagi tadi saya googling, melihat perkembangan sebuah blog wordpress saya, apakah sudah terindeks mesin pencari atau belum. Blog tersebut terindeks di google, walaupun di halaman 2 (sekitar urutan 20) dengan kata kunci judul blog. Namun (lagi), ada kata “follow” sebelum judul, seperti di bawah ini.
banned wordpress 1

Saya klik, namun muncul tampilan berikut.
banned wordpress 2

Saya ikuti perintahnya, membuka dashboard wordpress, dan ini tampilannya.
banned wordpress 3

Sepertinya blog saya ini dibanned atau disuspend admin wordpress. Mengapa? Apa salah saya? Konon, blog gratisan wordpress akan kena banned kalau tidak mematuhi Term of Service (TOS) antara lain:

1. Ada link affiliate.
2. Blog ikut kontes SEO.
3. Ada link file berhak-cipta yang mana pemegang hak ciptanya bukan Anda.
4. Blog dipasangi iklan.
5. Ada postingan copy-paste.
6. Blog nampak sebagai pemancing traffic untuk situs lain.
7. Blog dijadikan lapak jualan.

Sepertinya blog saya melanggar TOS poin ke-7.

Hukuman yang diganjarkan WordPress.com pada blog yang melanggar aturan kira-kira ada 3 tingkatan.

Pertama, blog hanya dibekukan sementara. Pada kondisi ini dashboard blog yang ‘dibekukan’ masih bisa Anda akses. Maka, cari link semacam “contact us” dalam pesan peringatan di dashboard tersebut. Sampaikan pesan kepada sang Admin mengapa musibah ini menimpa blog Anda.

Kedua, blog dibekukan permanen. Dalam hal ini dashboard blog Anda sudah tidak dapat diakses lagi.

Ketiga, blog Anda dibekukan permanen DAN username (akun) Anda dinonaktifkan.

Sebenarnya blog tersebut masih bisa dipulihkan dengan memohon ampunan kepada admin wordpress. Namun saya jual mahal, blog tersebut baru lahir, belum populer, dan sebagai ajang coba-coba saja. Mending saya matikan saja. Namun kalau blog Anda tak mau seperti blog saya, camkan baik-baik TOS wordpress!

Dibanned wordpress, mau?

3 thoughts on “Dibanned WordPress, Mau?

Leave a Reply

