Bayar Lari

Pagi ini, sebelum sampai kantor saya singgah beli pulpen di sebuah toko. Pulpen murah, Rp 3 ribu (tiga ribu rupiah), saya beli dua buah untuk persiapan, maklum dua bulan ini saya tidak punya pulpen sendiri. Terlepas dari seberapa penting sebuah pulpen, ketakberpunyaan pulpen oleh seorang PNS sungguh keterlaluan. Inilah alasan terkuat membeli pulpen saat ini. Pulpen saya bayar, dan berlalu pergi.

Di motor yang terparkir, seorang anak kecil menutup motor dengan kardus bekas, penanda dia akan meminta bayaran parkir. Saya mengerti dan memberinya uang Rp 2 ribu dan berharap ada kembaliannya. Biasanya saya hanya memberi muka masam dengan tukang parkir tak resmi apalagi anak-anak, namun kali ini saya memberinya. Walaupun tak berkarcis, saya menghargai usahanya menutupi motor dengan kardus bekas walaupun hanya beberapa detik. Setelah mengambil kardusnya kembali, dia lalu berlalu sambil berlari kecil menjauhi saya tanpa memberi kembalian. Biarlah, mungkin itu rejekinya (kalau memang bisa dikatakan rejeki adalah yang demikian itu). Saya mengistilahkan “bayar lari” untuk kondisi ini, setelah dibayar, lari!

Tarif parkir resmi di kota Makassar memang Rp 5 ratus per satu jam pertama per roda kendaraan. Apalagi di kota tetangga, Maros, mestinya lebih murah mengingat ruang parkir yang masih melimpah. Tapi saya selalu dongkol menghadapi tukang parkir tak resmi, abal-abal, siluman. Seenak perutnya meminta bayaran parkir di depan toko tanpa izin yang jelas. Kadang kita hanya memfotokopi yang biayanya Rp 2 ratus, tarif parkir 1000. Atau membeli obat, sesaat saja, bayar parkir pula. Jasa yang diberikan tidak sebanding dengan yang kita bayar. Ya sudahlah, rakyat biasa pasrah saja.

2 thoughts on “Bayar Lari

Leave a Reply

