Hari Terakhir Penyampaian SPT Tahunan Pajak

SPT Pajak Tahunan

Hari ini adalah hari terakhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak tahun 2012, tepatnya penyampaian melalui drop box. Sebenarnya penyampaian SPT tahunan pajak paling lambat tanggal 31 Maret, namun besok bertepatan dengan hari libur. Lokasi drop box SPT Tahunan ini bisa di kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat, pusat perbelanjaan hingga pusat perkantoran dan kelurahan. Namun masyarakat yang menyampaikan SPT Tahunan melalui pos tetap akan bisa terlayani hingga 31 Maret 2013. Bagi masyarakat yang menyampaikan SPT Tahunan melalui efilling (melalui internet), maka petugas Ditjen Pajak tetap menerimanya hingga 31 Maret 2013. Kalau menyampaikan SPT Tahunan Pajak lewat dari tanggal 31 Maret 2013 akan dikenakan denda Rp 100 ribu.

Sudah sejak bulan Januari pegawai bagian keuangan kantor mengingatkan saya agar mengisi formulir SPT pajak dan segera mengumpulkannya, biar dikumpulkan secara kolektif. Namun karena terlena waktu, hingga hari ini saya belum mengumpulkannya. Tahun lalu, SPT tahunan saya kumpulkan di awal tahun ke bagian keuangan kantor, tanpa tetek bengek mengisi lampiran. Saya tinggal tanda tangan, dan beres. Tahun ini sepertinya terlewatkan.

Alasan paling utama saya belum memasukkannya tahun ini adalah karena kesulitan mengisi SPT tahunan ini, saya kebingungan mengisi “jumlah harta” dan “jumlah hutang”, hal ini sulit saya deteksi. Hutang dimana-mana dan harta nyaris tidak ada (Hartanya dalam bentuk hutang, seperti rumah yang masih di kredit, bagaimana menghitungnya?). Jadi bagaimana saya melaporkan pajak untuk sesuatu yang saya miliki? Mungkin soal gaji saja yang akhirnya terlaporkan yang tercantum di lampiran kedua. Saya menyerah, dan meminta bantuan teman tersebut untuk dikumpulkan di KPP pada hari ini. Saya asal isi saja perkiraan harta dan hutang. Mending saya kumpulkan daripada kena denda Rp 100 ribu. Bagaimana dengan Anda? Sudah menyerahkan SPT pajak tahunan?

2 thoughts on “Hari Terakhir Penyampaian SPT Tahunan Pajak

Leave a Reply

