Survei dan Pemantauan Jentik Berkala

wpid-2013-04-03-11.37.22.jpg

Pemeriksaan jentik berkala adalah pemeriksaan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti yang dilakukan secara teratur oleh petugas kesehatan atau kader atau petugas pemantau jentik (jumantik). Kegiatan ini termasuk memotivasi masyarakat dalam melaksanakan PSN DBD. Dengan kunjungan yang berulang-ulang disertai penyuluhan diharapkan masyarakat dapat melaksanakan PSN DBD secara teratur dan terus menerus.

Cara PJB adalah dengan mengunjungi rumah atau tempat umum untuk memeriksa tempat penampungan air (TPA), non TPA, dan tempat penampungan air alamiah, didalam dan diluar rumah/bangunan serta memberikan penyuluhan tentang PSN DBD kepada keluarga. Jika ditemukan jentik, anggota keluarga atau pengelola TTU diminta untuk melihat/menyaksikan, kemudian lanjutkan dengan PSN DBD (3M atau 3M plus). Lalu memberikan penjelasan dan anjuran PSN DBD kepada keluarga dan pengelola kebersihan tempat umum. Dan terakhir adalah mencatat hasil pemeriksaan jentik pada KARTU JENTIK RUMAH/BANGUNAN yang ditinggalkan di rumah/bangunan dan pada formulir pemantauan jentik untuk pelaporan ke Puskesmas dan yang terkait lainnya.

Apakah petugas kesehatan memantau jentik di rumah anda? Kalau tidak, mungkin daerah anda bukan endemis DBD, atau daerah endemis, petugasnya saja yang tidak bekerja maksimal.

Advertisements

2 thoughts on “Survei dan Pemantauan Jentik Berkala

    1. mestinya sih diperiksa tiga bulan sekali buat mengontrol perkembangan nyamuk Aedes, tapi bisa koq diperiksa secara mandiri. iya mas, mudah2an lingkungan kita aman dari DBD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s