(Film) The Host : Kamu Mencintai Jiwa atau Ragaku?

Bumi diserang oleh alien. Tubuh manusia menjadi tuan rumah bagi para penyerbu, pikiran mereka dikuasai sementara tubuh mereka tidak. Melanie (Saoirse Ronan) ditangkap dan disuntikkan jiwa dalam tubuhnya bernama Wanderer. Tubuh Melanie hidup dalam jiwa yang berbeda: penuh emosi, indra serta ingatan yang tajam. Ternyata Wanderer mengalami kesulitan yang tidak ia harapkan: tubuhnya menolak untuk melepaskan pikirannya. Ketika Wanderer dan Melanie enggan bersekutu, disinilah konflik terjadi, soal cinta segi empat dalam tiga tubuh.

Film biasa saja namun akhirnya menarik, penuh hikmah. Saat jiwa alien merasuki tubuh manusia, apa yang terjadi? Apakah keluarganya tetap mencintainya walaupun tersisa tubuhnya saja, tidak dengan jiwanya? Atau dibalik: jika wujud saya hanya seonggok bola namun berisi jiwa saya di dalamnya, raga tak bisa apa-apa, adakah yang tetap mencintai saya? Mencintai dengan cara apa dan bagaimana?

Banyak yang tak tuntas dan merusak logika saya saat menonton film ini. Saat alien menginvasi bumi hanya dengan jiwa yang tersimpan dalam wadah. Bagaimana awalnya mereka menjajah manusia sedang mereka tak bisa berbuat apa-apa? Alien disini digambarkan mempunyai sifat sopan, teratur, dan baik hati, manusia hanya perusak bumi dengan nafsu yang dimilikinya makanya diambil alih oleh alien ini untuk mewujudkan bumi yang damai tanpa jiwa manusia. Sopan koq menjajah? Film yang aneh. Ah, sudahlah, tak ada film yang sempurna. Yang penting sudah nonton malam mingguan sama istri tersayang.

One thought on “(Film) The Host : Kamu Mencintai Jiwa atau Ragaku?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s