Sehari Tanpa Nasi

Apa saja yang saya makan, yang masuk di perut hari ini? Pagi tadi ada binte biluhuta (makanan khas Gorontalo, dari olahan jagung), sore hari ada spagheti (makanan khas Italia, dari olahan mie), dan malam ini ada bubur kacang hijau. Dari daftar makanan tersebut belum ada nasi, makanan pokok bangsa Indonesia.

Biasanya perut saya tersugesti untuk merasakan lapar bila belum dimasuki nasi. Sejak kecil, saya (mungkin kebanyakan dari kita di Indonesia) memang terbiasa makan nasi sebagai makanan utama, bahkan di sekolah kita dikenalkan dengan istilah 4 sehat 5 sempurna (yang disempurnakan lagi menjadi 5 sehat lagi sempurna) yang nomor satunya adalah makanan utama yang mengandung karbohidrat, dan nasi (olahan beras) adalah yang paling utama penghasil karbohidrat selain jagung, ubi, sagu, dan gandum. Makan nasi tiga kali sehari menjadi rutinitas yang mesti dilalui, yang diajarkan di sekolah. Belum makan namanya kalau belum makan nasi.

Ibu saya pun demikian, beliau akan loyo jika belum makan nasi. Sugesti tersebut menurun ke saya, darah dagingnya. Saya pun kadang lemah jika belum makan nasi. Tapi itu dulu, sepertinya saya harus belajar mengurangi porsi nasi dalam menu makan saya. Badan yang semakin melebar dan perut yang semakin maju kedepan mempertegas hal tersebut. Nasi juga mengandung glukosa yang kalau tidak terkontrol akan mengakibatkan naiknya kadar gula dalam darah, yang ujung-ujungnya menyebabkan berbagai penyakit, diabetes salah satunya.

Hari ini sehari tanpa nasi, tapi penggantinya masih mengkhawatirkan, makan berlebihan walaupun “hanya” jagung dan spaghetti. Sepertinya perut masih bisa berkompromi, mudah-mudahan bisa tahan sampai pagi.

3 thoughts on “Sehari Tanpa Nasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s