Standar Pria Terhormat

Seorang teman pernah bilang “Kalau pulang kampung sudah dipanggil ‘PAK’ atau ‘BAPAK’, itu sudah menunjukkan rasa hormat, kita sudah dianggap jadi ORANG”. Lalu saya tanya “Apa standar supaya kita dipanggil PAK?”, teman tersebut menjawab “Punya pekerjaan tetap, dan mampu menghidupi anak istri”. Sebuah standar keduniawian, materialistis yang membudaya di kepala kita.

40 Tahun Diangkat Jadi Rasul
Rasulullah Muhammad SAW menikahi Khadijah yang berumur 40 tahun pada saat beliau berusia 25 tahun. Ketika berumur 35 tahun, beliau ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Ka’bah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad, Rasulullah Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil. Saat itu beliau dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya, hingga akhirnya memperoleh gelar Al-Amin yang artinya “orang yang dapat dipercaya”. Rasulullah Muhammad berusia 40 tahun 6 bulan dan 8 hari ketika ayat pertama sekaligus pengangkatannya sebagai rasul disampaikan kepadanya menurut perhitungan tahun kamariah (penanggalan berdasarkan bulan), atau 39 tahun 3 bulan 8 hari menurut perhitungan tahun syamsiah atau tahun masehi (penanggalan berdasarkan matahari).

Dari sejarah Rasulullah ini, kapan beliau disebut sebagai seorang PRIA, LAKI-LAKI? Saat menikah, dicintai kaumnya, atau saat diangkat menjadi Rasul?

A Gentleman’s Dignity
Baru-baru ini kami mengkhatamkan satu serial drama Korea lagi, A Gentleman’s Dignity, atau dalam bahasa Indonesia berarti “Pria Terhormat”. Drama ini menceritakan persahabatan 4 orang pria berusia 40 tahun dengan segala polemik hidup dan percintaan mereka. Film yang kocak, kadang keempatnya bersikap kekanakan, namun tampak kebahagiaan dalam hidup mereka. Saya beri poin 4 dari 5 bintang.

Rekor PSY “Gentleman”
Video klip single terbaru PSY, “Gentleman,” memecahkan rekor Youtube. Videonya menjadi yang terbanyak dilihat video dalam satu hari setelah ditonton 20 juta kali di hari pertama peluncurannya. Sekarang videonya memecahkan rekor lain dengan tertonton 100 juta views hanya dalam empat hari peluncurannya. Terakhir, hari ini telah mencapai 150 juta viewer. Sebagai perbandingan, PSY sebelumnya, “Gangnam Style,” mencapai hit 100 juta klik dalam 50 hari. Sebelumnya video Susan Boyle untuk audisi “Britain Got Talent” yang memegang rekor. “Gentleman” tampaknya tidak akan diam dengan jumlah sekitar 100 juta. Diprediksi video ini akan mengalahkan “Gangnam Style” yang saat ini memegang rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam sejarah Youtube dengan 1,5 miliar viewers.

Lalu, dari kesemua kisah (yang tak berhubungan) ini, kapan saya disebut BAPAK? Mungkin awalnya jika anak pertama kami lahir, semoga.

Advertisements

2 thoughts on “Standar Pria Terhormat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s