“Malam Seribu Diskon,” katanya

“Malam seribu diskon”. Itulah status teman di Facebook yang membuat saya senyum-senyum sendiri. Pastilah itu adalah pelesetan dari “Malam seribu bulan”, yang menilik pada malam Lailatul Qadr. Sungguh status itu menyinggung perilaku saya dan mungkin sebagian besar kaum muslim di Indonesia. Keutamaan malam Lailatul Qadr secara eksplisit tergantikan perannya oleh budaya konsumerisme, yang tergambar jelas oleh program diskon yang menjejali pusat perbelanjaan.

Anda bisa hitung, secara kasat mata jumlah orang di mall saat jelang lebaran meningkat pesat, berbanding terbalik dengan jumlah orang yang shalat berjamaah di masjid yang menurun drastis. Mungkin malam seribu bulan yang dijanjikan Tuhan sudah dilupakan, berganti malam seribu diskon dengan segala keduniawiannya. Tengoklah saya yang 4 hari terakhir menjejakkan kaki di mall. Tiap malam di mall, entah itu inisiatif sendiri atau ajakan keluarga. Entah itu membeli keinginan (bukan kebutihan) atau sekadar cuci mata. Saya telah melupakan malam 1000 bulan-Nya. Astagfirullah.

Tidak ada salahnya memang memenuhi keinginan, nafsu membeli barang keinginan mumpung lagi diskon besar-besaran. Pengelola pusat perbelanjaan memang memiliki ribuan cara ampuh untuk menggerus isi dompet, termasuk dengan memberi diskon besar-besaran. Hampir semua stand memberi diskon. Diskonnya pun beragam, mulai satu digit, hingga 90%!! Mulai iming-iming “beli 1 gratis 2” hingga cash back “voucher belanja sekian puluh ribu”. Walaupun hampir semuanya diskon semu, harga di dongkrak naik kemudian di diskonkan, pelanggan tetap bergairah belanja. Yang penting diskon, ditipu pun tak mengapa!

Kalau begini, wajar saja jika semua stand memberi paket diskonan. Jika dalam 1 mall ada 1000 stand (dan pastinya lebih), maka benarlah status teman tersebut, malam 1000 diskon. Bagaimana? Apakah anda tidak melewatkan malam 1000 diskon juga?

Advertisements

2 thoughts on ““Malam Seribu Diskon,” katanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s