Screenshot Android [mode:on]

image

Anda mau screen capture di layar Android anda? Begini caranya!

Eureka!! Saya dapat cara praktis membekukan tampilan layar Android. Anda pasti akan segera mencap saya gaptek karena baru tahu caranya. Tak mengapa, saya memang gaptek, hahaha.

Beberapa hari ini saya menggunakan Android Samsung Galaxy Core (pilihan ke gadget ini akan tercerita lain waktu saja), saya kemudian tertarik memprintscreen layarnya. Atau dengan kata lain membekukan tampilan layar yang saya mau menjadi file gambar. Kadang saya tertarik membekukan layar karena kepentingan tertentu. Kalau di komputer sangat mudah melakukannya dengan menekan kontrol printscreen, atau di gadget -ponsel- dengan menginstalkan aplikasi khusus. Namun di ponsel android layar sentuh ternyata sangat sulit.

Bolak-balik saya cari aplikasinya di Playstore Android dengan beragam kata kunci. Screenshot, Munchscreen, hingga Capture screen. Saya mendownload beberapa aplikasinya. Namun setelah dicoba ternyata tidak bisa. Katanya butuh aplikasi tambahan, tidak kompatibel. Butuh di rooting (yang saya tak mengerti apa itu).

Hampir putus asa, saya tanya mbah google. Informasinya ternyata banyak, dan saya menemukan caranya di salah satu blog. Caranya sangat mudah tanpa perlu menginstal aplikasi khusus. Cukup dengan menekan tombol menu dan power secara bersamaan selama beberapa detik, dan jadilah. Anda dapat mencari hasilnya berupa file gambar di folder /Pictures/Screenshots.

Sangat mudah bukan? Contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar di postingan ini. Semangat mencoba.

image

One thought on “Screenshot Android [mode:on]

  1. hahaha..saya juga sempet nyari di play store.
    eh gak sengaja temen tiba-tiba nyoba hp saya dan sssrtttt
    ‘ohh sama juga screenshot nya’ dia bilang.
    tralala jaim pura-pura udah tau padahal oooooooo ^^

Leave a Reply

