Hubungan Maag dan Sakit Kepala

Secara langsung, kecuali sistem syaraf, tidak ada hubungan antara perut dengan kepala, begitu pula dengan kejadian sakit antara keduanya. Secara sepintas, maag tidak menyebabkan sakit kepala, begitu pula sebaliknya. Tapi di sekeliling kita seringkali sakit maag disertai dengan sakit kepala.

Banyak jawaban yang mengatakan bahwa penyebab sakit kepala tersebut karena stress akibat sakit maag, atau konsumsi obat sakit kepala yang berlebihan dapat menyebabkan maag. Secara medis memang demikian, tapi banyak kasus penderita maag akut seringkali menderita sakit kepala yang tak tertahankan bukan karena stress dan konsumsi obat, awalnya seperti migren (sebelah kepala saja) dan lama kelamaan seluruh kepala. Apa penyebabnya?

Pada dasarnya, penyakit naiknya asam lambung atau maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam dari perut ke tenggorokan. Selain menyebabkan maag, naiknya asam lambung tersebut dapat pula menyebabkan sakit kepala yang sangat dahsyat.

Secara ilmiah, proses naiknya asam lambung terjadi ketika ada relaksasi yang terjadi di Lower Esophageal Sphincter (LES), yang kemudian memungkinkan cairan di perut mengalir kembali ke kerongkongan. Orang yang asam lambungnya meningkat, pada kerongkongan bagian dalam dipenuhi dengan cairan dan gas. Gas yang ada didalam kerongkongan itu akan terus bertambah dan menekan ke organ-organ lain sehingga ulu hati terasa sakit dan otot bagian belakang kepala menjadi tegang. Tegangnya otot bagian belakang kepala inilah yang menyebabkan asupan oksigen ke otak berkurang. Perlu diperhatikan bahwa sakit kepala disebabkan asupan oksigen ke otak berkurang, atau tidak sesuai dengan dibutuhkan otak. Proses inilah yang menyebabkan sakit kepala tak tertahankan.

Jika katup kerongkongan bagian dalam bisa terbuka,maka akan mengeluarkan sendawa, seringnya mengalami sendawa akan sedikit mengurangi sakit di kepala.

Bagi anda yang menderita sakit kepala tanpa tahu penyebabnya, ingat-ingatlah kembali, mungkin anda punya riwayat sakit maag, mungkin itu penyebabnya. Makanya sembuhkan dulu sakit maagnya, semoga sakit kepalanya ikut sembuh.

Advertisements

19 thoughts on “Hubungan Maag dan Sakit Kepala

  1. Ohh begitu ya..saya mempunyai mag,blm prnh berobat hny mnum sirup saja..tp pusing nie,awlnya migrant,tp lm2 jd mual n seluruh kepala.tp pusingnya spt skt prut krn perih,tnp berdenyut tnp berputar hanya pusing biasa… Tp mual… Mungkin mag x ya..tp bgmn obt tradisionalnya??

  2. hmmm… Kalo saya maag nya g ada barengan nya sama sakit kepala, tp dokter bilg udh parah krn muntah pun keijo an bak pun udh brcampur darah, dan kalo udah kumat udah deh ambleg g bs bangun pokox nya harus tengkurep aja di ganjel bantal maunya. Ngmg pun dh kaga kuat dah, gmn tuh.. Dulu memg wkt kecil saya ada riwayat tipus sih, mgkn itu jg x ya yg buat maag parah. Sharing2 ea teman2 mgkn ada solusi lbh jitu.

  3. iihhh sering banget ngalamin ini ampe sakitnya kemata. saya pijat bagian belakang ,bersendawa or muntah dibawa tidur,ehhh ilang sendirinya. tpi keseringan kambuh sangat menyiksa sekali

  4. Saya juga selama ini mengalami sakit maag cukup parah,apalagi sakit kepala berhari-hari, sampai aku pusing,jadi obatnya apa sih?????? bagaimana cara mengatasinya?

  5. saya juga sering seperti itu, jika asam lambung saya meningkat, maka kepala sebelah kiri bagian dahi terasa sakit sekali. hal ini biasanya disebabkan makanan saya terlaku pedas dan asam, kadang stress dan beban pikiran memacu asam lambung saya meningkat. cara instant saya utk ceoat menghilangkan rasa sakit kepala saya dengan cara memuntahkan isi perut saya supaya asam lambungnya ikut keluar, dengan cara mengorek/merangsang tenggorokan saya dgn jari supaya muntah sehabis habisnya. setelah itu minum air hangat manis dan obat maag

  6. Sy mengalami sakit kepala hebat selama 3hari berturut2, awalnya sakit kepala sebelah, lalu menjadi seluruh kepala 😦 Sdh minum obat penghilang nyeri yg biasanya bisa menghilangkan pusing, ternyata sdh gak mempan. Coba bekam & terapisnya bilang bahwa sakit kepala ini akibat maag. Sy penasaran & googling, alhamdulillah menemukan article ini, jadi kebuka pikirannya. Tx 4 sharingnya ya πŸ™‚

  7. Waah…makasih banyak yaaa πŸ™‚
    Kebetulan sy lg sakit kepala berat berhari-hari…dan memang sehari sebelum sakit kepala ini saya mengalami maag yg cukup parah…
    Saya sampe cukup stres mikirin saya itu kenapa. Terus saya nyoba googling dan nemu artikel ini. Saa langsung lega…hehehe…ternyata memng ada hububgannya ya maag sama sakit kepala..
    Terima kasih banyak ya…

  8. Apa sakit kepalany itu berasa seperti kesemutan dan senut2ny hanya d bagian belakang kepala bagian bawah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s