RIM Blackberry Bangkrut dan akan hancur

image

Siapa yang tak kenal Blackberry? Hampir semua orang (yang ingin eksis dan narsis) memiliki gadget smartphone ini. Dari anak SD hingga kakek nenek memilikinya, paling tidak menginginkannya. Apalagi di Indonesia, Blackberry sudah seperti nafas bagi sebagian pemiliknya. Masih ingat insiden antrian blackberry lalu? Itulah salah satu demam blackberry yang kebablasan. Tapi tahukah anda bahwa RIM (research in motion), produsen pemasok Blackberry yang berpusat di Kanada sedang bermasalah, akan gulung tikar, bangkrut dan sedang kolaps? Jika tidak diselamatkan, RIM akan hancur. Bagaimana nasib (pengguna) BB?

Sebagaimana diberitakan, Pasar BlackBerry terus merosot tajam di Amerika Serikat. Angka terbaru menunjukkan skala pasar RIM harus diperbaiki jika tidak ingin diambil-alih
oleh perusahaan lain pada 2012. Menurut laporan ComScore , dalam tiga bulan sampai
akhir November, pasar BlackBerry merosot lebih dari 3 persen, dari 19.7 persen menjadi 16.6 persen. Sementara Android memanfaatkan kondisi yang menimpa BlackBerry dengan menambah pasarnya lebih dari tiga persen, mencapai 46.9 persen dari pasar smartphone Amerika. Pengguna mobile Android kebanyakan beralih dari Blackberry, sementara Microsoft dan Symbian kehilangan sekitar satu persen dari total pasar mobile di AS. Apple juga memanfaatkan keterpurukan RIM dengan penjualan iPhone yang mencapai 28.7 persen di Amerika Serikat, naik dari 27.3 persen pada tiga bulan sebelum November.

Pada tahun ini, RIM mentargetkan untuk membalikkan keadaan. Target ini merupakan prioritas utama dari RIM untuk menghindari pengambil-alihan dari rival mereka. Saat ini, mengutip The Telegraph, banyak pemain utama dalam pasar smartphone yang telah menawarkan opsi untuk mengambil perusahaan Kanada ini. Menurut sejumlah laporan, Microsoft dan Nokia telah melakukan pembicaraan dengan RIM soal pengambilalihan. Amazon pun disebut tertarik untuk mengambil-alih RIM. Dengan mengambil RIM, Amazon diperkirakan siap masuk ke pasar smartphone dengan smartphone perdananya, untuk menyusul kesuksesan tablet Kindle Fire.

Eksekutif RIM, telah menolak tawaran penjualan, meskipun sahamnya menurun sebesar 75 persen dalam harga saham perusahaan di 2011. Terkecuali RIM dapat membalikkan kekayaan BlackBerry, analis mengatakan perbincangan pengambilalihan sangat intensif mengancam RIM.

Sebenarnya ada opsi kemungkinan lain bagi RIM, yakni memberikan izin software BlackBerry ke perusahaan smartphone lain seperti Samsung, yang membuat perangkat lebih mutakhir. Tak hanya itu, RIM pun masih memiliki senjata terakhirnya , yaitu sistem operasi QNX. Tapi, RIM tampaknya menunda peluncuran BlackBerry 10, sebagai smartphone QNX perdana, hingga akhir 2012.

Makin merosotnya saham RIM dan pasar BlackBerry membuat para pemegang saham gerah. Tak puas dengan kondisi perusahaan, para pemilik saham pun menginginkan adanya perubahan, termasuk mendepak pendiri RIM yang juga CEO Mike Lazaridis dan Jim Balsillie.

Seperti dikutip dari Finanical Post, sumber mengatakan Barbara Stymiest, Direktur Independen yang baru bergabung di Dewan Direksi RIM 2007 silam, menjadi kandidat terkuat menggantikan Lazaridis dan Balsillie. Komite yang terdiri dari tujuh Direktur Independen RIM, termasuk Stymiest, dikabarkan telah melakukan pendalaman terhadap struktur Direksi RIM. Salah satunya adalah mengenai kelayakan memiliki satu pemimpin independen ketimbang direktur kepala. Selain itu, kelayakan dua CEO RIM saat ini pun menjadi sorotan mereka.

Juli Lalu, seperti dikutip dari laman Mashable , RIM memang telah melakukan perombakan struktur. Salah satunya adalah pemisahan peran Pemimpin (Chairman) dan Eksekutif Kepala (Chief Executive). Pemisahan Chairman dan CEO memang umum bagi perusahaan di Kanada, namun tak biasa di di AS. Hasil evaluasi dari perombakan ini sendiri diperkirakan akan disampaikan pada akhir Januari. Tapi, mengutip Mashable , RIM mengatakan tetap
mendukung CEO dan Chairman yang ada saat ini. Tapi, RIM mengindikasikan kesabaran itu bisa saja berubah di akhir Januari. “Dewan RIM telah membentuk Komite yang terdiri dari
sejumlah direktur independen dengan mandat untuk mempelajari struktur kebijakan di RIM yang akan dilaporkan 31 Januari 2012. KomIte berjalan sesuai treknya dan Dewan akan segera merespon rekomendasi yang disampaikan Komite dalam 30 hari,” tulis RIM,
seperti dikutip dari Mashable .

RIM memang berjuang keras di tahun 2011. Tablet PlayBook besutan RIM gagal dijual di pasar, dan mengakibatkan kerugian hingga sekitar US$ 485 juta. Pasar BlackBerry pun jatuh jadi 9,2 persen di kuartal ketiga, dibandingkan 24 persen pada tahun lalu. Kondisi ini diperparah dengan kerusakan jaringan BlackBerry pada Oktober lalu, yang menyebabkan
pelanggan BlackBerry beralih ke produk lain. Lebih parah, RIM menunda peluncuran BlackBerry 10, sebagai smartphone BlackBerry pertama berbasis QNX, hingga akhir tahun 2012. Jelas semua itu menjadikan nafas RIM tersengal-sengal. Ini pula yang menyebabkan RIM terancam diambil-alih.

Wall Street Journal menyebut Microsoft dan Nokia menjajaki kerja sama mendekati RIM. Sedangkan Reuters menyebut Amazon telah menyewa bank investasi menjajaki potensi merger dengan RIM. Jadi, akan seperti apa masa depan RIM? Setidaknya hingga akhir Januari, tiap gerak Dewan Direksi RIM menjadi sesuatu yang diwaspadai Lazaridis dan
Balsiliie.

Tahun 2012 bisa dibilang sebagai tahun pertaruhan bagi produsen BlackBerry, Research in
Motion. Saham RIM yang terus merosot membuat petinggi RIM gerah. Tak hanya itu, RIM pun terancam pengambil-alihan oleh perusahaan lain, jika tidak berhasil keluar dari keterpurukan. Setidaknya, ada tiga perusahaan yang tertarik mengambil alih: Microsoft yang bekerja sama dengan Nokia, dan Amazon. Sebagaimana diberitakan Information Week , peluang RIM untuk sukses mendekati nol. Tapi, RIM masih memiliki setidaknya tiga langkah untuk keluar dari keterpurukan. Tiga langkah itu adalah:

1. Copot CEO
Duet CEO RIM saat ini, Mike Lazaridis dan Jim Balsillie, dianggap tidak memiliki kiat apapun untuk keluar dari keterpurukan. RIM sepertinya memahami kondisi ini. Karena itu, rumor beredar bahwa RIM akan segera mencopot duet CEO itu, yang juga merupakan pendiri RIM. Nilai saham RIM yang terus merosot hingga 77 persen dari tahun lalu, juga merosotnya pasar BlackBerry, disebut akibat lemahnya kepemimpinan Lazaridis dan Balsillie. RIM jelas membutuhkan kepemipinan yang memiliki visi jelas, tegas, terencana. Mengutip Financial Post , RIM dikabarkan mempersiapkan salah satu direktur independennya, Barbara Stymiest, sebagai kandidat terkuat CEO baru. Tapi, RIM masih menunggu pendalaman terhadap struktur perusahaan yang dilakukan sebuah komite yang terdiri dari tujuh direktur independen, termasuk Barbara Stymiest.

2. Perjelas Status BB QNX
Selama ini RIM memiliki permasalahan software yang tidak inovatif, dibanding apa yang sudah dilakukan iOS milik Apple, Android milik Google, juga Windows Phone milii Microsoft. Karena itu, BlackBerry berbasis QNX pun menjadi andalan RIM untuk kembali merebut
kejayaannya. BlackBerry 10 akan menjadi BlackBerry berbasis QNX pertama yang diluncurkan RIM. Tapi, langkah RIM terkesan tidak jelas soal BB 10. Mengutip The Telegraph, RIM menunda peluncuran BB 10 hingga akhir tahun. Alasannya, RIM belum bisa
memenuhi kebutuhan chip untuk BB seri terbaru itu. Tapi, mengutip blog teknologi BGR, sumber di RIM menyebut Lazaridis berbohong, karena RIM tak memiliki contoh BB 10 yang sedang dikembangkan. Karena itu RIM harus memperjelas keberadaan BB 10. RIM harus berani mempercepat peluncurannya, atau membatalkannya jika memang tidak sanggup menyelesaikannya.

3. Jual perusahaan
Untuk mengembalikan kejayaan BlackBerry, tampaknya ini merupakan opsi yang paling mungkin dan mudah dilakukan RIM. Apalagi, saat ini ada tiga perusahaan yang menyatakan tertarik. Di tahun 2012, saham RIM diperkirakan akan semakin terpuruk, pasar BlackBerry bakal semakin jatuh, juga pendapatannya. Tampaknya, exit strategy yang paling mudah bagi CEO baru RIM (jika memang ada) adalah dmenjual saham atau merger dengan perusahaan lain.

bagaimana nasib pengguna BB? Saya yakin tidak ada masalah dan tidak perlu khawatir, banyak perusahaan yang ingin menyelamatkan BB. tapi, tak ada urusan dengan saya, bb saya rusak. Namun ini tentu jadi masalah bagi sebagian pengguna bb. Bb sudah seperti nafas. Benarlah kata orang, hidup akan jauh lebih mudah dan tanpa masalah seandainya blackberry dan apple (iphone) hanyalah buah-buahan.

Sumber: vivanews.com


22 responses to “RIM Blackberry Bangkrut dan akan hancur

  • deviBilly

    Yo sek canggih n kerenan Samsung rekk!!!

  • ikankecil3

    semoga bb tetap jaya….se gigih user bb yg membelanya mati maTian di indonesia.

    tapi saya tetap menggunakan android.

  • Overload, Down, BBM Error « 101 kata

    […] RIM Blackberry segera kolaps? Share this:FacebookTwitterLike this:LikeBe the first to like this. This entry was posted on […]

  • devan

    Hahahaha
    Hancur aja yg namanya rim
    Biar ga da lagi org yg pegangan bb terus
    Apa bagusnya jane
    Di compare ma android and ios
    beda jauh

  • @bima_kurniawan

    apa yang terjadi yah nantinya bila rim bangkrut, alhasil pin bb jadi kenangan, tapi semoga tidak,
    tapi harus diakui iphone memang canggih,

  • Ghani Kunto

    Sepertinya langkah 1 dan 2 memang akan terjadi, tapi itupun tidak akan membantu BB. Strateginya sekarang cuma riding the demand curve, makin lama makin murah, berharap menjaring lebih banyak orang. Dan memang lebih banyak yang beli BB tahun ini, tapi tahun depan? Saya rasa tidak.

    Gov’t agency di US saja yg dari dulu setia dgn BB sekarang sudah meninggalkannya. Tinggal Defense Ministry saja yang masih tersisa.

    Ada kemungkinan kampanye Obama berikutnya dia akan memegang Apple, bukan BB

  • dinamis

    Ya dunia terus berputar, kalau lihat kejayaan dunia kan selalu berputar, Eropa pernah kebagian, babilonia dapat giliran, china dapat sampur juga. Jadi jangan mimpi ada yang abadi di dunia ini everything always change.

  • -,-

    berarti saat ini BB lagi tahap decline ya, ayo dong cepetan RIM luncurin inovasi terbarunya (BB QNX) biar ngga bangkrut, kalau bisa harganya terjangkau, kualitas bagus :D

  • Dopok

    Gw pnya BB tp cm bwt BBMan itu aja srg pending2 klo krm pesan, mlh skrg ga bs krna suspend, fiturnya jg jelek2, sbg org yg nasionalis gw jg kecewa pd RIM yg disuruh pemerintah menempatkan servernya di Indonesia mlh dipasang di Singapura, suruh bikin pabrik di Indonesia mlh bikin di Malaysia pdhl saat ini Indonesia adalah pangsa pasar terbesar BB , setidaknya itu bs membuka lowongan pekerjaan bagi msyarakat indonesia yg pengangguran ky gw wkwkwk…..

    Kayaknya sdh cukup alasan gw bwt mngganti BB dgn Samsung Android atau iPhone (read:klo ada duit), mungkin saat ini BB msh jd nomor satu tp liat beberapa bulan mendatang sedikit demi sedikit pengguna BB mulai beralih pd produk Smartphone lain krn byk kekecewaan pd produk ini.

    So saran gw bwt yg ada rencana beli BB baru, pikir 1000X dech…….

  • Pulau Tidung - aja

    Oh, kalau begitu menyesal aku membeli black berry, kupikir bisa bertahan hingga ribuan tahun.
    Salam

  • is me

    alhamdulillah akhirnya bangkrut jg ne perusahaan
    udah harganya mahal minim fitur lgi ne bb,gw heran kenapa orang indonesia gandrung bgt ma hp yg stu ini,inilah masyarakat indo yg spt borok alias ikut2an trend tanpa mlhat fitur yg ditawarkan,(gk gaul klu gk pnya bb)padahal cm fitur mesennger aj yg menarik, untuk fitur yg lainnya msh klah jauh dgn hp berbasis android, pa lgi ma iphone 4s kyax punyaan gw hee….bkn msdnya sombong niye emang kenyataan apel malang lebih unggul dari pd Buah Berry, sekian testimoni dari saya, smga masyarakat indonesia lebih bijak dlm memilih bkn ikut2an trend saja.

  • Coker

    Blek beri,,ga jamannya lagi,lebih canggih nokia3310 gwe tangguh 5 hari standby,kebanting,daan nada deingnya itu,mantabs tenan

  • Coker

    Di t4 gwe,yg lg naik daun tuh samsung,nokia ga tw deh,plg cm pd pk yg seri low end sj,pun skg ga bnyk,klw blekberi,seminggu lalu juragan cabe pake skg pk iPhone,kapok kali ya pk blekberi pk tarif operator xl yg bnyk spamnya itu ,tarif nelp n me nelp ke xl muahallllllll bgt

  • jr

    saya senang kalo blackberry ada kerjasama dg nokia. Kebetulan saya pencinta nokia tapi krn semua teman2 hanya mengandalkan komunikasi via bbm yg katanya gratis saya jadi kesulitan untuk berkomunikasi…. Walaupun ada whatsapp tapi itu tdk diindahkan oleh pengguna bb

  • krisfold

    uw kyaknxa akan menarik jika n0kia akan membeli sebagian saham bb itu artinya fitur andalan bb akan bisa terselip pda wp7 .

    @_@

  • Just Comment

    “Hampir semua orang (yang ingin eksis dan narsis) memiliki gadget smartphone ini”

    Pikirkan dahulu sebelum posting gan.. :D

  • hajarabis

    nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  • the-netwerk

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: